Daftar Sungai Di Jawa Timur Yang Rawan Banjir Saat Musim Hujan


Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur mengimbau masyarakat di bantaran sungai agar waspada terhadap ancaman bahaya banjir yang sewaktu-waktu dapat terjadi. “Yang harus diwaspadai tujuh sungai,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur Surdarmawan, Rabu, 17 Desember 2014.

Tujuh sungai yang rawan meluap saat musim hujan ialah Sungai Brantas, Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro, Sungai Bajulmati di Malang selatan, Sungai Sampeyan di Situbondo dan sungai Kemuning di Sampang. “Kami surdah mengadakan gladi posko yang salah satu manfaatnya meningkatkan koordinasi bila sewaktu-waktu banjir datang,” ujar Sudarmawan.

Badan Penanggulangan Bencana Jawa Timur, kata dia, juga telah melakukan sosialisasi terhadap pemerintah kota dan kabupaten agar turut siap siaga menghadapi bencana, terutama banjir dan tanah longsor. Mengenai kemungkinan merelokasi warga yang bermukin di kawasan rawan bencana ke tempat aman, Sudarmawan masih melihat situasinya.

Menurut Sudarmawan, relokasi bisa saja dilaksanakan bila memang ada permintaan dari pemerintah daerah dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu, misalnya karena warga tak bisa menempati rumahnya lagi. “Sampai sekarang kami belum melakukan relokasi,” ujar dia.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menambahkan, sebagai upaya mencegah banjir tahunan, pihaknya telah memulai membangun beberapa waduk dan bendungan yang dijadwalkan selesai pada 2016.

“Untuk jangka pendek, kami mengandalkan plensengan sungai dan pompa di daerah-daerah yang cekung. Kalau untuk Sungai Brantas kami lakukan buka tutup waduk agar dapat mengurangi daerah yang terkena banjir. Sungai Brantas jauh lebih siap karena bendungannya banyak,” kata Soekarwo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s