Ribuan Pengunjung Serbu Pameran Alutsista TNI


Ribuan warga DKI Jakarta hari ini memadati pameran alat utama sistem pertahanan (Alutsista) TNI yang digelar di Silang Monas, Jakarta. Acara ini digagas oleh TNI Angkatan Darat dalam rangka memperingati hari Juang Kartika ke-69. Warga antusias melihat pameran tersebut. Salah satu pengunjung, Lindawati (36) warga Ceger Jakarta Timur mengajak kedua anaknya. Linda bela-belain naik Transjakarta dari Taman Mini bersama kedua tetangganya yang juga membawa anak-anaknya.

“Dua kali transit, mau lihat pameran ini. Anak-anak kan biasanya senang,” ujar Linda di Monas, Jakarta, Sabtu (13/12). Apalagi, kata Linda, pameran ini masuknya tidak bayar alias gratis. Hiburan seperti ini yang diminatinya setelah harga bahan pokok naik karena BBM. “Sekarang semuanya naik waktu BBM dinaikkan sementara UMP tidak mau dinaikan oleh Ahok, minimal pameran begini buat refreshing mbak. Pusing, menghilangkan pusing,” ujar Linda.

Selain Linda, ada pula pengunjung yang datang dari Makassar. Anto (47) sengaja datang dari Makassar untuk menyaksikan pameran ini. Pameran ini merupakan yang ketiga diadakan tahun ini. Sebelumnya, juga pernah diadakan pada acara puncak HUT TNI ke-69 di Armatim Ujung, Surabaya dan di HUT Ke-65 Kodam V Brawijaya, bulan lalu.

Di dalamnya, dipamerkan 200 unit peralatan tempur. Seperti helikopter, persenjataan infanteri, kavaleri, tank Leopard, artileri medan, artileri pertahanan udara dan Penerbad. Pameran dibuka dari tanggal 12 hingga 16 Desember. Mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Pantauan merdeka.com, banyak orangtua turut serta membawa anak-anaknya melihat pameran ini. Tak ketinggalan pula pasangan muda mudi yang turut mengabadikan foto mereka di belakang alutsista TNI.

Presiden Joko Widodo menghadiri acara penutupan pameran alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang digelar TNI AD dalam rangka memperingati hari Juang Kartika Ke-69, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/12/2014). Setibanya di lokasi, Jokowi langsung berkeliling menggunakan panser anoa. Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 17.30 WIB dengan mengenakan pakaian putih hitam. Kedatangannya langsung menyedot ribuan orang yang ada di lokasi pameran.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI M Munir mengatakan, pameran ini digelar sebagai bagian dari pertanggungjawaban terhadap anggaran yang telah diberikan kepada TNI AD. Munir berharap, melalui pameran ini, masyarakat semakin merasa dekat dengan TNI. Masyarakat, kata dia, bisa semakin memiliki kebanggaan terhadap TNI dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI.

Pameran ini digelar mulai 12-15 Desember 2014 dan merupakan pameran alutsista ketiga yang digelar TNI pada tahun 2014. Sebelumnya, pameran serupa pernah diadakan pada acara puncak HUT Ke-69 TNI di Armatim Ujung, Surabaya, dan di HUT Ke-65 Kodam V Brawijaya pada Jumat (8/10/2014). Dalam acara ini, masyarakat bisa melihat dan berfoto bersama dengan 200 unit peralatan tempur yang dipamerkan, di antaranya tank leopard, helikopter, persenjataan infanteri, kavaleri, artileri medan, artileri pertahanan udara, dan penerbad (penerbang AD).

Selain pameran alutsista, acara ini juga dimeriahkan dengan pagelaran kesenian dari Satuan Jajaran Kodam Jaya dan Komam III/Siliwangi, panjat tebing, lomba fotografi, pengenalan pakaian TNI AD dari masa ke masa, dan menampilkan berbagai macam sajian kuliner. Tank Leopard turut ‘diparkir’ di silang Monas dalam rangka pameran Alutsista TNI AD. Ketika rombongan Presiden Joko Widodo melintas, tank buatan Jerman ini berhasil mencuri perhatian presiden RI ketujuh itu.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu sedianya hendak menuju stand Kopassus di silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/12/2014), menggunakan mobil golf. Ia ditemani Komandan Pasukan Pengamanan Presiden Mayjen Andika Perkasa yang menyetir mobil golf itu. Jokowi juga ditemani Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Numantyo. Mobil putih kecil itu melaju menuju stand Kopassus. Namun di tengah perjalanan ‘kecil’ itu, moncong kaliber 120 mm menarik perhatian Jokowi.

Ia tiba-tiba meminta mobil golf itu berhenti, ia turun dan mendekati kendaraan yang memiliki kanon besar itu. Ternyata kanon itu adalah milik Tank Leopard II, tank kelas berat milik TNI AD. Tanpa sambutan dan ‘permisi’, Jokowi langsung naik ke atas tank dengan bobot 62 ton itu. Ia melihat ke dalam palka yang terbuka, dan mengintip jeroan tank tersebut.

Kemudian KSAD Jenderal Gatot menyusul Jokowi ke atas tank. Ia pun tampak menjelaskan berbagai hal terkait tank tersebut, dan Jokowi tampak menyimak dengan seksama. Selama 10 menit berada di atas Leopard, Jokowi turun dan kembali ke mobil golf. Lalu ia melanjutkan perjalanan menuju stand Kopassus untuk memberikan pandangannya terkait alutsista TNI. Dalam debat capres Pilpres lalu, Jokowi sempat mempertanyakan soal pembelian tank Leopard yang dikabarkan terlalu berat bobotnya untuk jalanan Indonesia. Namun setelah diuji coba di beberapa kota, tank itu mampu leluasa berlalu lalang di jalanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s