Pesawat AirAsia Wagon Air 8501 QZ5401 Surabaya-Singapura Hilang Kontak


Pesawat AirAsia hilang kontak dalam penerbangan dari Surabaya menuju Singapura pada Ahad pagi, 28 Desember 2014. “Wagon Air 8501 Surabaya-Singapura,” kata Direktur Keselamatan dan Standar AirNav Indonesia, Wisnu Darjono, saat dihubungi. Wisnu menjelaskan, pesawat dijadwalkan tiba di Singapura pada 07.20 WIB.

Namun, pesawat tersebut hilang kontak sebelum perbatasan Indonesia dan Singapura. “Sampai saat ini belum ada kontak,” ujarnya. Pesawat jenis Airbus A320-200 ini membawa 155 penumpang, yang terdiri dari 138 penumpang dewasa, 16 anak dan satu bayi, dua pilot, empat awak kabin dan satu teknisi. Pesawat diterbangkan oleh Kapten Irianto. Pesawat berangkat dari Surabaya pada 06.36 WIB. Perjalanan dari Singapura ke Surabaya seharusnya 2 jam 20 menit.

Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ5401 hilang kontak dalam perjalanan dari Surabaya menuju Singapura. “Saat mendekati Tanjung Pandan, Belitung, di ketinggian 34 ribu kaki,” kata Direktur Keselamatan dan Standar AirNav Indonesia Wisnu Darjono saat dihubungi, Ahad, 28 Desember 2014.

Wisnu menuturkan pesawat dijadwalkan tiba di Singapura pukul 07.20 WIB. Namun pesawat hilang kontak sebelum perbatasan Indonesia dengan Singapura. “Sampai saat ini, belum ada kontak,” ujar Wisnu. Pesawat jenis Airbus A320-200 ini membawa 155 penumpang, terdiri atas 138 penumpang dewasa, 16 anak, 1 bayi, 2 pilot, 4 awak kabin, dan 1 teknisi. Pesawat diterbangkan oleh Kapten Irianto.

Pesawat berangkat dari Surabaya pukul 05.36 WIB. Perjalanan dari Singapura ke Surabaya seharusnya memakan waktu 2 jam 20 menit. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) saat ini menuju Bandara Juanda, Surabaya dan Bandara Soekarno-Hatta untuk membantu pencarian pesawat AirAsia yang hilang kontak (lost contac). “Kami akan melihat tracking radar dari Surabaya,” kata Ketua Subkomite Udara KNKT Masruri saat dihubungi, Minggu, 28 Desember 2014.

KNKT akan meminta data radar untuk dianalisis. Jika pesawat sudah ditemukan, komite segera menggelar investigasi. Pesawat AirAsia dengan nomor registrasi PK-AXC hilang kontak dalam perjalanan dari Surabaya menuju Singapura. “Saat mendekati Tanjung Pandan, di ketinggian 34 ribu kaki,” kata Direktur Keselamatan dan Standar AirNav Indonesia Wisnu Darjono. “Wagon Air 8501 Surabaya – Singapura,” ucapnya.

Wisni menjelaskan, pesawat dijadwalkan tiba di Singapura pada 07.20 WIB. Namun, pesawat hilang kontak sebelum perbatasan Indonesia dan Singapura. “Sampai saat ini belum ada kontak,” ujar Wisnu. Pesawat jenis Airbus A320-200 ini membawa 155 penumpang, yang terdiri dari 138 penumpang dewasa, 16 anak dan satu bayi, dua pilot, empat awak kabin dan satu teknisi. Pesawat berangkat dari Surabaya pada 06.36 WIB. Perjalanan dari Singapura ke Surabaya seharusnya 2 jam 20 menit. Pesawat diterbangkan oleh Kapten Irianto

Petugas layanan pelanggan Bandara Changi, Singapura menyebut pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 8501 dari Surabaya belum mendarat. “Dijadwalkan mendarat, tapi kami tidak punya informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut,” ujar petugas saat dihubungi, Minggu, 28 Desember 2014.

Petugas itu kemudian memberi nomor kontak AirAsia di Indonesia untuk keterangan lengkap. AirAsia tidak memiliki kantor perwakilan di Singapura. Hingga saat ini, status kedatangan bapenerbangan tersebut di Terminal 1 Bandara Changi masih delayed. Penerbangan dijadwalkan mendarat pada 08.30 waktu setempat. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) saat ini menuju Bandara Juanda, Surabaya dan Bandara Soekarno-Hatta untuk membantu pencarian pesawat AirASia yang hilang kontak. “Kami akan melihat tracking radar dari Surabaya,” kata Ketua Subkomite Udara KNKT Masruri.

KNKT akan meminta data radar untuk dianalisis. Jika pesawat sudah ditemukan, komite melakukan investigasi. Pesawat AirAsia dengan nomor registrasi PK-AXC hilang kontak dalam perjalanan dari Surabaya menuju Singapura. “Saat mendekati Tanjung Pandan, di ketinggian 34 ribu kaki,” kata Direktur Keselamatan dan Standar AirNav Indonesia Wisnu Darjono saat dihubungi Minggu, 28 Desember 2014. “Wagon Air 8501 Surabaya – Singapura,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pesawat dijadwalkan tiba di Singapura pada 07.20 WIB. Namun, pesawat hilang kontak sebelum perbatasan Indonesia dan Singapura. “Sampai saat ini belum ada kontak,” ujar Wisnu. Berikut ini nomor kontak yang dapat dihubungi untuk keterangan mengenai penerbangan tersebut: 081259018677.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s