Prediksi Momen Puncak Hujan Pembawa Banjir Di Jakarta 2015


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akhir Januari 2015 menjadi puncak musim penghujan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Potensi hujan akan sering terjadi jelang sepuluh hari terakhir bulan Januari hingga sepuluh hari awal Februari.

“Curah hujan rata-rata pada akhir Januari tinggi, mencapai 400-500 milimeter,” kata Kepala Pusat Meteorologi Publik, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Mulyono Prabowo saat dihubungi, Sabtu, 27 Desember 2014.

Menurut dia, mulai akhir Januari, konsentrasi awan hujan akan tiba di wilayah selatan Jabodetabek. Konsentrasi awan hujan ini berimbas pada Ibu Kota yang terkena aliran sungai dari wilayah Bogor, Depok menuju Jakarta.

Adapun, pada bulan Desember hingga akhir tahun ini, curah hujan berjenjang mulai dari tingkat menengah hingga cukup tinggi. Curah hujan di wilayah DKI Jakarta mencapai level 200-300 milimeter. Sedangkan, curah hujan di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sudah masuk level cukup tinggi, yaitu 300-400 milimeter.

Karena itu, Mulyono mengatakan, puncak banjir baru akan terjadi pada awal tahun depan. Namun, warga dan pemerintah provinsi DKI Jakarta harus tetap siaga terhadap banjir yang dapat datang sewaktu-waktu saat curah hujan wilayah selatan DKI Jakarta sedang tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s