Tarif Obyek Wisata Bali Tahun 2015 Naik 100 Persen


Awal 2015, tiket masuk beberapa obyek wisata di Kabupaten Karangasem, Bali naik hingga 100 persen. Obyek wisata Taman Soekasada, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem meningkat 75 persen. Kenaikan tiket masuk juga di obyek Taman Tirta Gangga, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem.

Tak tanggung-tanggung, pihak pengelola Taman Tirta Gangga berencana menaikkan tiket masuk 100 persen. Besaran tiket masuk untuk wisatawan domestik (wisdom) dari Rp 5.000 menjadi Rp 10.000. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara (wisman) dari Rp 10.000 menjadi Rp 20.000.

“Tapi kenaikannya mulai besok (hari ini, Kamis 1/1/2015),” ujar pengelola Taman Tirta Gangga yang enggan disebutkan namanya, saat ditemui, Rabu (31/12/2014). Meski ada rencana kenaikan harga tiket, namun beberapa wisatawan menyatakan hal yang wajar. “Tiket masuk dinaikkan. Para wisatawan tak ada yang mengeluh. Pengunjung tetap datang ke sini,” tambah seorang penjual di kawasan obyek wisata Taman Tirta Gangga.

Pantauan, para wisatawan baik wisdom maupun wisman silih berganti berdatangan ke obyek wisata Taman Tirta Gangga. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Menjelang Tahun Baru 2015 jumlah pengunjung ke Taman Soekasada, Desa Ujung Hyang, Karangasem, Bali mengalami peningkatan. Pantauan, pada Jumat (27/12/2014), beberapa pengunjung datang dari Bali dan luar Bali terlihat berlalu-lalang di sekitar taman. Ratusan pengunjung keliling di sekitar area taman.

Pengunjung mengatakan menikmati keindahan alam di taman itu. Ada juga yang mengaku datang khusus berlibur usai hari raya Natal. Abraham, pengunjung asal Depok, Jawa Barat, mengaku baru pertama kali berkunjung ke Taman Soekasada. Namun ia merasa bahagia bisa melihat peninggalan bersejarah kerajaan di Karangasem ini. Selain karena suasana terlihat ramai, panorama alam di sekitar taman dinilai indah. Abraham keliling taman yang luasnya mencapai belasan hektare itu.

”Wajar ramai pengunjung. Pemandangan di sekitar taman bagus sekali,” kata Abraham. Ia pun tak kalah dengan pengunjung lainnya. Saat keliling area taman ia beserta keluarga mengabadikan momen di sekitar taman. Dari balai Lunjuk, Bundar, hingga Kapal yang berada di atas Taman Soekasada. ”Buat kenang-kenangan,” tambahnya. Kepala Pengurus Taman Soekasada, I Nyoman Matal mengaku saat hari raya Natal dan menjelang Tahun Baru 2015 jumlah pengunjung mengalami pengingkatan. Hal ini terlihat dari pendapatan yang masuk diperoleh per hari.

Pihaknya mengaku peningkatan pengunjung menjelang tahun baru diperkirakan hingga ratusan orang. Menurut Matal, pengunjung terbanyak masih dari wisatawan lokal seperti dari Bali dan luar Bali, antara lain Jawa dan Sumatera. ”Sekitar 25-30 persen peningkatannya, tetapi pengunjung kebanyakan dari daerah di Bali,” ungkapnya. Masuk Taman ini akan dikenakan pungutan apabila membawa Kamera DSLR (kamera mahal) tanpa mendapat fasilitas apapun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s