Angkutan Umum Di Jakarta Adalah Untuk Pengendara Motor dan Bukan Mobil


Para pembuat kebijakan yang umumnya mengendarai mobil tidak mau untuk pindah ke transportasi umum dan karenanya harus dibuat aturan yang memaksa pengendara lain yang pindah ke transportasi umum tanpa terlihat diskriminatif.

Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta Edi Nursalam mendukung langkah Pemerintah Provinsi DKI untuk memperluas pembatasan jalur sepeda motor. Menurut dia, perluasan aturan tersebut bertujuan untuk mendorong pengendara motor untuk pindah ke transportasi umum.

“Akhir dari tujuan dari aturan tersebut memang untuk memindah pengendara motor ke transportasi massal,” ujar Edi ketika dihubungi , Senin, 5 Januari 2015.

Dia menjelaskan, untuk bisa benar-benar memindahkan pengendara motor ke angkutan umum diperlukan waktu. Pemerintah, kata Edi, sebaiknya mengevaluasi terlebih dahulu aturan pembatasan jalur sepeda motor sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat hingga M.H Thamrin. Salah satu kekurangan dari pembatasan jalur sepeda motor dari Jalan Medan Merdeka Barat hingga Bunderan HI, Edi mengimbuhkan, ialah tak berpindahnya pengendara motor ke angkutan umum. “Bus gratis yang disediakan pemerintah saja masih kosong,” ujarnya.

Sebelum memperluas kebijakan itu, Edi menambahkan, pemerintah sebaiknya menambah jumlah angkutan massal, sehingga pengendara motor mau menggunakan transportasi umum. “Kalau transportasi umumnya tak dibenahi, pengendara motor cenderung mencari jalur alternatif dibandingkan naik angkutan umum,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Benjamin Bukit mengatakan akan menambah jalur pelarangan melintas bagi sepeda motor.Dia menjelaskan salah satu penambahan jalur itu ialah dari Bunderan Hotel Indonesia hingga Jembatan Semanggi.

Hal ini akan memudahkan para pemilik mobil yang tinggal diluar kota dan bekerja di sekitar jalan tersebut semakin mudah karena dapat dengan mudah masuk dan keluar tol menuju jalan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s