Pembatasan Mobil Efektif Atas Kemacetan Jakarta Hingga 70 Persen


Pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya mengklaim kebijakan pelarangan motor di kawasan Thamrin-Medan Merdeka Barat, efektif mengurangi kemacetan. Sejak diujicobakan kebijakan tersebut, diakui kemacetan di ruas jalan tersebut berkurang hingga 30 persen. “Cukup efektif (mengurangi kemacetan). Bisa membantu mengurai kemacetan hingga 30 persen,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Martinus Sitompul kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Menurutnya, pencapaian dari suatu kebijakan ada tahapannya, tidak bisa langsung mengurai kemacetan di seluruh ruas jalan yang ada. Ia berharap, dengan adanya kebijakan tersebut, kemacetan di ruas jalan protokol khususnya, semakin berkurang. “Satu kebijakan itu untuk kebaikan warganya, bukan untuk pribadi, jadi memang harus ada pencapain. Sekrang baru 30 persen, nanti mudah-mudahan bisa sampai 50 persen atau lebih,” imbuhnya.

Martin berkeyakinan, pelarangan motor bukan satu-satunya kebijakan pemerintah. Suatu saat, kebijakan untuk membatasi mobil juga akan dilakukan pemerintah. “Suatu saat mobil pribadi juga akan dibatasi. Truk kan sudah,” pungkasnya.

Pemprov DKI Jakarta berencana memperluas zona pelarangan motor. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan dia ingin agar seluruh jalur arteri sekunder di ibukota diterapkan kebijakan pelarangan motor.

“Tunggu busnya cukup. Kita sih pengin seluruh jalur protokol distop untuk motor,” kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (6/1/2014). Untuk tahap awal, kata Ahok dalam waktu dekat motor akan dilarang melintas di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, hingga ke Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Saat ini pelarangan masih diberlakukan dari Medan Merdeka Barat hingga Jalan Thamrin.

Menurut Ahok, saat ini kondisi angkutan umum di jalur tersebut sudah terbilang cukup sebagai kompensasi untuk mengangkut pemotor. “Kita mau terusin sampai ke Ratu Plaza. Kan bus koridor 1 sudah baik, ini mau tambah lagi bus tingkat, TransJ juga tiap 1 menit sudah ada,” tuturnya.

Setelah jalur tersebut, berikutnya yang akan disasar untuk pelarangan motor yakni di jalur protokol Rasuna Said, Jakarta Selatan. “Nanti baru diperluas sampai ke Kuningan kalau bus sudah cukup. Kita tunggu busnya siap. Hitungannya menurut polisi siap, kita jalan,” tuturnya tanpa menjelaskan target penerapan aturan tersebut.

Ditanya mengenai hasil penerapan larangan motor di Medan Merdeka Barat, Ahok mengaku belum ada evaluasi mendetail. Namun secara kasat mata, dia menilai kebijakan itu berhasil memberi dampak baik untuk mengatasi kemacetan.

“Sudah pasti lebih kosong,” ucapnya.

Siap Bos lebih pasti lagi kalo mobil yang dilarang … pasti lancar banget. Bus dan mobil kan sama sama mobil dan membujuk pengendara mobil untuk naik mobil bus pasti lebih mudah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s