Kronologi Pohon Tumbang Di Kebun Raya Bogor Yang Menewaskan 5 Orang dan 24 Orang Luka Luka


25 Orang masih mendapatkan perawatan di RS PMI karena terluka akibat tertimpa pohon tumbang di Kebon Raya Bogor, Jawa Barat. Peristiwa tumbangnya pohon ini juga menyebabkan 4 orang meninggal dunia. Sukma (28), salah satu korban selamat mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat ia dan sekitar 70 rekannya tengah berkumpul untuk berdiskusi dan sosialisasi terkait Upah Minimum Kabupaten (UMK) Bogor. Pohon besar tersebut tumbang dan menimpa rekan-rekannya saat mendengarkan sambutan dari ketua serikat buruh, Minggu (11/1/2014).

Berikut ini adalah kronologi pohon tumbang menurut Sukma:

-Pukul 08.00 WIB
Sekitar 70 orang dari dua perusahaan komponen kendaraan bermotor datang ke Kebun Raya Bogor untuk berdiskusi dan sosialisasi terkait jumlah upah minimum baru yang sudah disepakati pemerintah.

-Pukul 08.30 WIB
Mereka mulai duduk dengan posisi melingkar di sebuah lapangan yang berada di area Astrid di dalam area Kebun Raya Bogor

-Pukul 09.00 WIB
Ketua Panitia dan Ketua Serikat Buruh ISBI (Ikatan Serikat Buruh Indonesia) mulai menyampaikan sambutan.

-Pukul 09:30 WIB
Pohon Damar Agathis yang berada di samping lingkaran duduk para karyawan tiba-tiba tumbang. Pohon berdiameter 90 centimeter dan tinggi lebih dari 20 meter menimpa para karyawan yang belum sempat menyelamatkan diri.

-Pukul 10.00 WIB
Semua korban dievakuasi ke Rumah Sakit PMI Bogor untuk mendapat pertolongan medis. Korban meninggal akibat peristiwa ini adalah Saefullah (43), Sarijo (39), Suryana (42), Supriyono (32). Semua korban meninggal hingga saat ini masih berada di ruang forensik RS PMI.

Sementara 25 korban luka saat ini masih dalam perawatan medis di IGD RS PMI. Nama-nama korban luka adalah Haryanto, Soma Dinata, Daud Wahyono, E suminta, Meki, Rizki. Haerul Anwar, Farid nM, Chaerullah. Dodi Suhendar, Rasiman, Rudi, amir, Didi, Joharudin, Juli, Irma, Taufik Hidayat, Nurali, Ahmad Saefudin, Darijo, U Syamsudin, Suhadi, Andre, dan Suwandi.

“Saya lagi jalan, tiba-tiba ada orang jerit-jerit. Saya datang, ternyata pohon itu sudah tumbang. Ada orang kejepit juga,” kata Ramdan Romdoni, salah seorang pengunjung Kebon Raya Bogor, saat ditemui di sekitar lokasi tumbangnya pohon tersebut, Minggu (11/1/2015).

Pohon yang memiliki diameter 2 meter dan memiliki tinggi lebih dari 20 meter tersebut patah pada bagian tengah. Dari tanah, tinggi ke titik patahan mencapai sekitar 4 meter. Pohon berusia puluhan tahun tersebut, berada di Jalan Astrid atau sekitar 500 meter dari pintu 3 Kebun Raya Bogor yang berada sekitar 200 meter dari rumah Dinas Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Batang pohon yang patah nampak keropos di bagian dalamnya.

Pohon dengan dahan-dahan yang besar tersebut tumbang ke rerumputan yang dijadikan tempat berkumpul sekitar 70 buruh. “Di lokasi sedang ada kumpul-kumpul orang. Katanya itu buruh. Tapi enggak ada yang pasang tenda,” kata Deni H, petugas keamanan yang ditemui di lokasi. Korban meninggal akibat peristiwa ini adalah saefullah (43), Sarijo (39), Suryana (42), Supriyono (32). Semua korban meninggal, hingga saat ini masih berada di ruang forensik RS PMI.

Sementara 25 korban lainnya saat ini masih dalam perawatan medis di IGD RS PMI. Nama-nama korban luka antara lain adalah Haryanto, Soma Dinata, Daud Wahyono, E suminta, Meki, Rizki. Haerul Anwar, Farid, Chaerullah. Dodi Suhendar, Rasiman, Rudi, amir, Didi, Joharudin, Juli, Irma, taufik hidayat, Nurali, Ahmad Saefudin, Darijo, U Syamsudin, Suhadi, Andre, Suwandi.

Berdasarkan pantauan, para korban mengalami luka di bagian kepala dan patah tulang. Beberapa orang diantaranya, nampak kritis dan dilakukan penanganan secara intensif. Belum ada keterangan berapa korban yang dalam kondisi kritis atau luka biasa. Saat ini, semua tim dokter masih melakukan penanganan terhadap korban pohon tumbang, di RS PMI. Rombongan 40-an buruh itu tak menyangka acara bersantai disertai dengan diskusi di Kebun Raya Bogor berakhir duka. Empat di antara mereka tewas tertimpa pohon damar tua, sedangkan 21 lainnya luka-luka.

Saat ini garis polisi dipasang di sekitar pohon yang tumbang. Pohon ini ambruk tak sampai di bagian akarnya, melainkan patah di bagian tengahnya. Akar pohon besar ini masih menancap ke tanah, namun bagian atasnya patah. Terlihat bagian tengah pohon berusia tua yang lapuk.

Pohon ini tumbang sekitar pukul 10.00 WIB, Minggu (11/1/2014). Saat itu di bawah pohon yang rindang ini sedang berkumpul buruh dari PT Asalta Mandiri Agung. Tiba-tiba pohon ini patah dan menimpa para buruh yang sedang mendiskusikan nasib buruh tahun 2015. Saat itu cuaca di Kota Hujan sedang cerah dan angin tidak berhembus kencang.

Identitas korban yang tewas akibat musibah ini adalah Syaifullah (43), Sarijo (40), Supriyono (32), dan Suryana (43). 21 Korban luka lainnya masih mendapatkan perawatan di IGD RS PMI, Bogor. Kebanyakan korban menderita luka di bagian kepala. 4 Orang yang tewas tertimpa pohon tumbang di Kebun Raya Bogor masih berada di kamar jenazah RS PMI Bogor, Jawa Barat. Mereka adalah buruh yang datang bersama rekan-rekannya untuk menggelar diskusi di lokasi ini.

“Kami datang ke Kebun Raya Bogor untuk diskusi soal masalah buruh tahun 2015,” kata Yudi Wahyudi salah seorang buruh yang ikut dalam rombongan tersebut di RS PMI Bogor, Minggu (11/1/2015). Yudi mengatakan mereka rombongan buruh dari PT Asalta Mandiri Agung. Saat berkumpul di bawah pohon tersebut tiba-tiba saja pohon tersebut tumbang. Ada sekitar 40 buruh yang ikut dalam acara tersebut.

“Tiba-tiba saja tumbang pohonnya,” katanya. Selain menyebabkan 4 orang meninggal, pohon tumbang ini juga menyebabkan 21 orang luka-luka. Para korban ini kebanyakan menderita luka di bagian kepala. Korban luka masih mendapatkan perawatan di ruang IGD RS PMI. Pohon tumbang yang menimpa rombongan buruh yang sedang berdiskusi di Kebon Raya Bogor berjenis damar. Pohon besar yang sudah tua ini tiba-tiba saja roboh dan menimpa para buruh tersebut. Selain 4 orang tewas, ada 21 orang yang menderita luka-luka.

Menurut polisi, pohon damar ini keropos di bagian tengahnya. Akibat batang keropos, pohon ini tak mampu lagi menopang bagian dahannya yang cukup besar. Pohon ini kemudian tumbang sekitar pukul 10.00 WIB, Minggu (11/1/2015). Saat ini lokasi tumbangnya pohon itu sudah diberi garis polisi. Namun Kebun Raya Bogor tidak ditutup, pengunjung masih bisa masuk ke dalam lokasi wisata yang terletak di jantung Kota Bogor ini.

Identitas korban yang tewas akibat insiden ini adalah Syaifullah (43), Sarijo (40), Supriyono (32), dan Suryana (43). Sementara itu masih ada 21 korban luka lainnya yang masih mendapatkan perawatan di IGD RS PMI, Bogor, Jawa Barat. Kebanyakan korban menderita luka di bagian kepala. Kebun Raya Bogor seluas 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun berusia ratusan ini selalu ramai pengunjung di akhir pekan.

Korban tewas dalam musibah tumbangnya pohon besar di Kebun Raya Bogor bertambah jadi 5 orang, sebanyak 24 orang lainnya mengalami luka. Wali kota Bogor Bima Arya mengatakan seluruh korban akan mendapatkan santunan dari pihak Kebun Raya Bogor. “Untuk korban jiwa pihak kebun raya memberikan santunan Rp 15 juta,” kata Wali kota Bogor Bima Arya kepada detikcom, Minggu (11/1/2014) malam.

Bima menuturkan tak hanya korban meninggal, korban luka yang dalam perawatan dan cacat permanen juga akan mendapatkan santunan. “Yang dirawat Rp 5 juta, kalau cacat permanen sama Rp 15 juta,” ucap politisi PAN itu.

Sementara menurut data RS PMI Bogor, total ada 29 orang korban akibat tumbangnya pohon Damar Agathis, salahsatu koleksi pohon milik Kebun Raya Bogor, pada Minggu (11/1). Sebanyak 5 orang meninggal, satu di antaranya meninggal pada Minggu malam. 24 Korban lainnya masih dalam perawatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s