Pemukiman Di Bantaran Kali Pesanggrahan Terendam Banjir Lagi


Curah hujan yang tinggi sepekan terakhir mengakibatkan sebagian permukiman yang berlokasi di bantaran Kali Pesanggrahan mulai terendam banjir dengan ketinggian rata-rata 30 sentimeter. Ratusan kepala keluarga yang bermukim di bantaran Kali Pesangrahan, tepatnya di RW 05 Kelurahan Kedoya Selatan, Jakarta Barat khawatir hujan akan terus mengguyur dan banjir akan semakin tinggi.

Hartina, salah satu warga Rt 02 Rw 05 Kelurahan Kedoya Selatan bersyukur hujan yang turun selama sepekan ini tak merendam permukimannya. “Sempat banjir tetapi cuma sebentar. Biasanya sudah sepinggang nih, apalagi kalau ada air kiriman,” ujar Hartina, Selasa (20/1/2015). Meski begitu, Hartina tetap mengantisipasi datanganya air rob. Untuk menghindari banjir yang bisa datang tiba-tiba, Hartina mulai mengemasi barang-barang berharga miliknya untuk dipindahkan ke lokasi yang lebih aman.

Hartina berharap, apabila banjir datang pemerintah daerah bisa mendistribusikan bantuan secara merata ke seluruh warga. Tahun lalu, beberapa warga di Kedoya Selatan mengaku banyak yang tak mendapatkan bantuan. “Satu kepala keluarga ada lima orang, hanya dikasih satu nasi bungkus. Ada yang enggak kebagian juga,” keluh wanita yang biasa dipanggil Har.

Sama halnya dengan Har, Titik Sugiarti yang juga warga Rt 02 Rw 05 mengaku distribusi bantuan tidak merata. Padahal, nama Titik dan keluarganya sudah terdaftar di data pengungsi. “Yang kebagian ya kebagian, yang tidak kebagian ya pergi cari makan sendiri atau mengungsi ke rumah saudaranya. Habis di sini malah terlantar,” ujar Titik.

Sementara itu, Lurah Kedoya Selatan Jufri mengaku telah menyiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan untuk membantu warga RW 05 apabila terjadi banjir. Tak hanya itu, jajarannya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan kepolisian perihal pendirian posko banjir, dapur umum, dan posko kesehatan. “Kami sudah siapkan posko banjir, logistik, selimut, seluruh yang diperlukan. Semoga bisa didistribusikan dengan baik. Tetapi kita berdoa supaya RW 05 tidak terendam banjir,” ucap Jufri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s