Angin Ribut dan Puting Beliung Landa Bandung dan Solo


angin puting beliung tornado bandung5 Pohon tumbang dan 28 Rumah rusak parah akibat angin kencang yang melanda Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Angin kencang ini terjadi sebelum hujan sekitar pukul 13.30 WIB, Minggu (25/1/2015). “Jadi sebelum hujan angin dulu kencang sekali,” kata Deden Sudrajat, warga Desa Parung Serap, Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (25/1/2015).

Deden mengatakan, setelah angin kencang ini mereda. Dia melihat di atas rumahnya terbentuk awan hitam yang berbentuk seperti pusaran angin. Awan ini menjulang ke angkasa, namun bagian bawahnya tak menyentuh tanah. Awan ini berwarna hitam. “Setelah angin kencang ini baru turun hujan deras sekali,” katanya.

Deden menyatakan, kawasan Soreang hingga kini masih hujan. Namun tidak sederas tadi siang. “Masih hujan tapi tak sederas tadi siang,” katanya. Hujan deras disertai angin ribut melanda beberapa lokasi di Klaten, Jateng, Jumat (23/1/2015). Sejumlah rumah dan bangunan milik warga mengalami kerusakan. Seorang warga dinyatakan tewas karena tertimpa teras rumah yang ambrol akibat tertimpa pohon roboh akibat angin ribut tersebut.

Angin ribut setidaknya terjadi di empat kecamatan di Klaten, yaitu di Kemalang, Manisrenggo, Karangnongko, dan Bayat. Di Dusun Mipitan, Desa Somokaton, Karangnongko angin ribut bahkan hingga memakan korban jiwa, yaitu Ny Saminah. (60 tahun) Angin ribut menumbangkan pohon kelapa di pekarangan Ny Saminah. Pohon kelapa itu lalu menimpa teras rumah hingga menyebabkan teras itu roboh. Saminah yang saat itu sedang‎ bersama cucunya yang masih balita, tertimpa runtuhan bangunan tepat di bagian kepala sehingga menyebabkan kematiannya. Sedangkan cucunya selamat meskipun dengan luka di bagian kaki.

Selain merusak puluhan rumah warga, angin ribut juga mengakibatkan ‎banyak pohon tumbang yang menimpa bangunan milik warga maupun menghalangi jalan. Di Desa Krikilan, Bayat, pohon tumbang menimpa kadang-kandang ayam petelur milik warga. Di Desa Keputran, Kemalang, puluhan pohon tumbang menghalangi jalan di areal lereng Merapi tersebut.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Klaten, Sri Winoto, mengatakan‎ tim reaksi cepat BPBD Klaten dibantu aparat TNI/Polri dan para relawan telah langsung bergerak membersihkan batang pohon yang merusak rumah warga. “Total kerugian sedang dalam pendataan. Yang jelas banyak rumah tertimpa pohon, ada satu korban meninggal dan beberapa orang mengalami terluka,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s