BMKG: Jakarta Akan Dilanda Angin Kencang Dengan Kecepatan 37 km/jam


Angin kencang sempat menerbangkan kanopi di pintu tol Pasar Rebo, Jakarta Timur, pada Jumat (9/1) lalu. Kanopi ini menimpa empat pemotor sehingga membuat mereka terluka. BMKG menyatakan angin kencang ini masih berpotensi terjadi di Jakarta hari ini. “Memang sudah menurun, tapi masih berpeluang terjadi pada sore dan juga malam nanti,” kata Ida, salah seorang prakirawan BMKG Minggu (11/1/2015).

Ida mengatakan, kecepatan angin masimal bisa mencapai 20 knot atau 37 km/jam. Padahal normalnya kecepatan angin hanya 10 knot. “Ini kecepatan maksimalnya bisa sampai 20 knot, tapi bukan berarti terus-terusan 20 knot, hanya kecepatan maksimalnya saja,” katanya.

Ida mengatakan, angin kencang ini terjadi karena Jakarta akan segera memasuki puncak musim hujan. “Memang sudah waktunya musim hujan dan juga karena angin baratan yang kuat,” katanya. Seorang pengendara bernama Hermastiadi sempat mengirimkan foto kanopi lepas di Tol Pasar Rebo dan mengirimkannya ke pasangmata.com. Kanopi ini lepas dan menutupi sebagian jalan di kawasan itu. Akibat peristiwa ini lalu lintas di sekitar kawasan ini jadi macet.Angin kencang beberapa hari ini dirasakan oleh warga Jakarta dan kota-kota di sekitarnya. Akibat intensitas angin yang berhembus dua kali lipat dibanding biasanya tersebut menyebabkan hujan menjauh dari Jabodetabek pekan ini.

“Angin kencang selama satu minggu ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan hujan tidak turun di Jabodetabek,” ujar Ida, petugas prakiraan cuaca BMKG saat dihubungi, Jumat (9/1/2015) malam. Menurut Ida, hingga dua hari ke depan, kota Jakarta dan sekitarnya diperkirakan masih berawan dengan intensitas angin yang cukup kencang, sekitar 20 knot/jam. Normalnya, angin hanya berhembus 10 knot/jam. “Sampai dua hari ke depan masih berawan, namun peluang hujan masih ada, walaupun sedikit,” kata Ida.

Beberapa kota yang memiliki peluang untuk turun hujan pekan ini adalah Kepulauan Seribu pada pagi hari dan Kota Bogor pada sore hari. “Di Jakarta dan kota lain kemungkinan hujan ada tapi cenderung berawan, walaupun potensi hujan masih ada karena kita kan di daerah tropis,” jelasnya.Beberapa hari ini angin terasa kencang di Jakarta dan kota-kota di sekitarnya. Bahkan sore tadi sebuah kanopi di pintu tol Pasar Rebo terlepas dan menimpa 4 pemotor hingga terluka. Menurut BMKG, angin di Jakarta memang lebih kencang dua kali lipat dibanding biasanya.

“Memang untuk potensi angin masih cukup besar terjadi di Jabodetabek, sekitar 20 knot atau 37 km/jam. Normalnya 10 knot,” ujar Ida, petugas prakiraan cuaca BMKG saat dihubungi, Jumat (9/1/2015) malam.Angin kencang telah terjadi di kawasan Jabodetabek sejak 3 Januari. “Namun beberapa hari terakhir ini yang paling kencang,” jelasnya.

Menurut Ida, potensi angin kencang akan terjadi hingga 3 hari ke depan. Sehingga diharapkan para pengguna jalan untuk sedikit berhati-hati apabila melintasi beberapa kawasan yang ditumbuhi pohon besar. “Diharapkan hati-hati melewati kawasan yang ditumbuhi pohon besar, karena 3 hari ke depan potensi anginnya masih cukup kencang,” kata Ida.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s