Aneh Tapi Nyata … Ahok Merasa Banjir Di Jakarta Adalah Upaya Sabotase Terhadap Gubernur


Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menduga ada upaya sabotase dalam peristiwa banjir yang terjadi Jumat, 23 Januari 2015. Sabotase yang dimaksud berupa jebolnya tanggul Kali Sunter, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara. “Saya sudah curiga, pasti saya dikerjai,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin, 26 Januari 2015.

Ahok menuturkan dugaan itu berasal dari banyaknya titik banjir yang terjadi di wilayah utara Jakarta. Saat itu hujan turun semalaman sejak hari sebelumnya. Tinggi permukaan air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, menunjukkan angka normal pada siaga IV. Laut juga tak sedang mengalami pasang. Padahal hujan dengan curah serupa pernah terjadi pada awal Januari 2015 tapi tak ada banjir.

Ahok pun memerintahkan petugas Suku Dinas Tata Air Jakarta Utara. Hasilnya, semua pompa yang ada berfungsi dengan baik. Apalagi di semua pintu dan pompa air kini sudah dipasang kamera pengawas atau closed-circuit television (CCTV).

Menjelang malam hari pada Jumat, 23 Januari 2015, Ahok baru mendapat laporan adanya tanggul yang dijebol di Kali Sunter di depan Mal Artha Gading. Tanggul itu dijebol karena dipakai untuk jalan masuk alat pengeruk sungai. Menurut Ahok, sungai tersebut dikeruk oleh kontraktor di bawah pengawasan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ahok mengaku heran dengan keputusan menjebol tanggul. Sebabnya, pengerukan sungai dengan menjebol tanggul membutuhkan kajian dari Kementerian. Ia menilai keputusan menjebol tanggul menjelang puncak musim hujan merupakan kebijakan yang gegabah. Tanggul juga tak akan bisa ditutup dalam waktu satu hari. “Kami setengah mati memperkuat tanggul, ini malah dijebol,” tuturnya.

Menurut Ahok, penjebolan tersebut seharusnya dilakukan setelah musim hujan berakhir. Akibat penjebolan itu, kata dia, air sungai limpas dan menggenangi Jalan Yos Sudarso. Ahok melaporkan jebolnya tanggul tersebut ke Kementerian. “Saya sudah lapor. Kontraktor mereka kurang ajar,” ujar Ahok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s