Rel Stasiun Sudirman Kebanjiran … KRL Berhenti Beroperasi


Selain jalanan, banjir juga mulai menggenangi rel di Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat. Akibat genangan ini perjalanan KRL dari Manggarai arah Tanah Abang yang melintasi stasiun strategis di kawasan segitiga emas ini menjadi terhambat. “Stasiun Tanah Abang mulai tidak melayani perjalanan ke Bogor karena ada genangan air di Stasiun Sudirman,” tulis Mamet di pasangmata.com, Senin (9/2/2015) pukul 11.30 WIB.

Mamet sempat mengirimkan foto sebuah kereta yang tak bergerak di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Terlihat pintu-pintu kereta itu terbuka dan banyak penumpang yang duduk-duduk di stasiun tersebut.

Announcer PT KAI di sejumlah stasiun juga memberikan informasi adanya genangan itu. Melalui pengeras suara petugas menyatakan KRL dari Bogor arah Tanah Abang tak bisa dioperasikan karena Stasiun Sudirman banjir sehingga tak bisa dilintasi kereta. Pengumuman ini misalnya diperdengarkan saat detikcom tengah berada di Stasiun Pondok Cina, Depok.

Banjir yang melanda Jakarta sejak subuh tadi membuat rel kereta terendam di sekitar Stasiun Kampung Bandan. Akibatnya CommuterLine rute Bogor-Jatinegara hanya berangkat sampai Stasiun Duri. Hingga pukul 11.30 WIB, air yang menggenangi rel kereta itu masih belum surut. Posisi air bertahan di ketinggian 4 cm hingga 5 cm dari atas rel.

Karena kendala ini, maka CommuterLine dari arah Bogor tujuan Stasiun Jatinegara, tidak bisa melintas sampai tujuan. Berhenti di Stasiun Duri. “Ada genangan banjir. CommuterLine dari Bogor dan Depok, hanya sampai Stasiun Duri,” kata seorang petugas melalui pengeras suara di Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/2/2014) siang. Banjir ini juga menyebabkan kendala dari arah sebaliknya. Kereta tujuan Bogor dari Jatinegara hanya sampai Stasiun Kebayoran, seterusnya kereta kembali lagi ke Jatinegara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s