Bom Meledak Di Mal ITC Depok


Kepala Kepolisian Resor Kota Depok Komisaris Besar Ahmad Subarkah mengatakan penyidik masih menelisik penemuan bom rakitan di Mal ITC Depok. Sejauh ini sudah tujuh saksi diperiksa. “Rekaman kamera CCTV juga masih dipelajari,” kata Ahmad, Jumat, 27 Februari 2015. Menurut Ahmad, sebagian besar proses penyelidikan diambil oleh Detasemen Khusus Anti Teror. Alasannya, tim Densus lebih berpengalaman dalam menangani kasus-kasus semacam ini. “Karena ini berkaitan dengan teror, kan,” kata Subarkah.

Bom rakitan yang sempat menimbulkan ledakan itu ditemukan di toilet pria lantai dua Mal ITC Depok pada 23 Februari 2015. Tidak ada kerusakan dan korban akibat ledakan itu. Namun, pengunjung mal menjadi panik dan berhamburan keluar. Bom rakitan itu ditempatkan dalam kardus bekas minuman kemasan. Seorang petugas kebersihan sebenarnya sudah melihat kardus tersebut sejak pukul 16.00. Namun karena mengira benda itu adalah barang pengunjung yang tertinggal, petugas hanya membiarkan saja. Setelah benda itu mengeluarkan ledakan sekitar pukul 17.30, barulah isi kardus menjadi perhatian.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail meyakinkan Kota Depok tetap aman meskipun sebuah aksi pengeboman terjadi di sebuah mal di Kota Depok. “Sebagaimana yang sudah dijelaskan, bahwa Depok masih tetap aman,” kata Nur Mahmudi di Balai Kota Depok, Selasa, 24 Februari 2015. Nur Mahmudi memastikan kepolisian tetap bekerja untuk mengamankan Kota Depok. Dalam kesempatan yang sama, Nur Mahmudi juga mengimbau warga Depok tetap tenang dengan situasi yang ada saat ini.

Semalam, sebuah ledakan kecil terjadi di ITC Depok sekitar pukul 17.30 WIB, Senin, 23 Februari 2015. Ledakan itu diketahui terjadi di toilet pria di lantai 2 ITC Depok. Seorang petugas kebersihan mal tersebut, Sony, mengatakan sudah melihat bungkusan benda mencurigakan itu berada di area toilet sekitar pukul 16.00. Sony awalnya menduga barang tersebut adalah milik pengunjung yang tertinggal. Kemudian, sekitar pukul 18.00, benda itu mengeluarkan ledakan ringan sebanyak satu kali.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Saat meledak, pengunjung langsung berhamburan keluar. Kepala Kepolisian Resor Depok Komisaris Besar Ahmad Subarkah mengatakan polisi telah memeriksa lima saksi dalam peristiwa ledakan di ITC Depok. Pemeriksaan saksi dilakukan sejak malam hingga Selasa pagi. Namun, sejauh ini, keterangan saksi belum mengarah kepada orang yang diduga meletakkan benda menyerupai bom rakitan di tempat itu.

Kepolisian masih melakukan penyelidikan terhadap ledakan yang terjadi di ITC Depok. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan polisi sudah mendapat bukti berupa rekaman CCTV. “Sedang kami periksa dan analisis,” ujar Martinus, Selasa, 24 Februari 2015. Selain memeriksa saksi dan CCTV, polisi masih menyelidiki barang yang membuat ledakan di pusat perbelanjaan tersebut. “Barang buktinya sudah diserahkan ke Gegana Korps Brimob,” ucapnya.

Sementara ini, secara kasat mata, barang yang menimbulkan letupan ini disimpan di dalam kardus. Terdapat komponen berupa detonator, timer, kabel, dan baterai. “Kalau dirangkai, memang bisa menimbulkan ledakan,” tuturnya. Ada pula komponen cairan dalam kardus tersebut. “Cairan itu masih kami dalami mengandung apa (yang menimbulkan letupan),” kata Martinus. Letupan ini terjadi di area toilet lantai 2 ITC Depok, Senin petang, 23 Februari 2015. Sebelumnya, petugas kebersihan sempat menemukan kardus mencurigakan di lokasi tersebut.

Kepala Kepolisian Resor Depok Komisaris Besar Ahmad Subarkah mengatakan polisi telah memeriksa lima saksi dalam peristiwa ledakan di ITC Depok. Pemeriksaan saksi dilakukan sejak malam hingga Selasa pagi. Namun, sejauh ini, keterangan saksi belum mengarah kepada orang yang diduga meletakkan benda menyerupai bom rakitan di tempat itu.

“Saksi hanya mengetahui barang itu ada, mendengar suara ledakan. Sebatas mendengar suara ledakan saja,” ujar Ahmad Subarkah, Selasa, 24 Februari 2015. Para saksi adalah pekerja ITC, petugas kebersihan, pekerja wahana permainan anak di ITC Depok, dan petugas keamanan. Tidak satu pun dari mereka yang melihat atau mengetahui ciri-ciri pelaku. Kepolisian berencana memeriksa rekaman kamera pengawas atau CCTV yang dipasang di mal tersebut.

Semalam, sebuah ledakan kecil terjadi di ITC Depok sekitar pukul 17.30. Ledakan diketahui terjadi di toilet pria lantai 2 ITC Depok. Toilet itu bersebelahan dengan arena bermain anak-anak. Tidak ada korban dan kerusakan dalam peristiwa tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s