Wisma Kosgoro Thamrin Terbakar


Kebakaran hebat terjadi di Wisma Kosgoro, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, malam ini. Gedung berlantai 20 itu terbakar tak lama setelah jam kantor. Musibah itu sempat membuat panik seluruh pegawai yang masih berada di dalam gedung. Mereka bergegas turun dari lift dan tangga darurat.

Hingga berita ini diturunkan, kobaran api juga melumat ruangan yang berada di lantai 17 dan 18. Sesekali terdengar suara reruntuhan kaca. Salah seorang petugas keamanan, Sulistiyo, menjelaskan, kebakaran mulai diketahui sekitar pukul 18.00 WIB. “Apinya dari lantai 16,” katanya, Senin, 9 Maret 2015.

Ratusan petugas pemadam masih berupaya menjinakkan kobaran api. Arus lalu lintas yang menuju Thamrin juga terpaksa diblokade. Sebanyak 31 mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk meredam si jago merah. Ratusan petugas pemadan kebakaran masih berupaya menjinakkan api yang melumat Wisma Kosgoro, Senin malam, 9 Maret 2015. Namun upaya mereka terbentur masalah teknis lantaran kobaran api berada di lantai 16.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB itu sedianya sudah direspons petugas selang beberapa menit setelahnya. Mereka berupaya memadamkan api lewat gedung Oil Center yang berada persis di sebelah kiri Wisma Kosgoro. Namun langkah itu belum maksimal lantaran selang yang diarahkan masih terlalu jauh dari pusat kobaran api. Jarak antara selang air dan pusat api berjarak enam lantai. Itu pun hanya satu selang yang beroperasi.

Kobaran api ikut melumat ruangan yang berada di lantai 17 dan 18. Petugas juga bersiaga di gedung Bank Internasional Indonesia guna mengantisipasi kobaran api yang mengarah ke utara. Petugas piket Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, Safari, mengatakan 31 unit mobil pemadam diterjunkan untuk memadamkan kebakaran di Wisma Kosgoro, Thamrin, Jakarta Pusat.

“Dari Jakarta Pusat total 19 unit, sisanya bantuan dari Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara,” kata dia ketika dihubungi, Senin, 9 Maret 2015. Menurut Safari, sekitar pukul 19.00 WIB, api mulai terlihat dari lantai 16 Wisma Kosgoro. Petugas yang datang ke lokasi langsung berusaha memadamkan api itu. Namun, kata dia, karena lokasi tinggi dan api yang besar, api sudah merambat ke lantai 17 dan 18.

Karena api belum berhasil dipadamkan, kata dia, petugas belum bisa memastikan penyebab munculnya api itu. “Kami fokus memadamkan api terlebih dahulu.” Berdasarkan pantauan, air yang digunakan untuk memadamkan kebakaran disedot dari air mancur Bundaran Hotel Indonesia. Untuk memperlancar proses pemadaman, arus lalu lintas dari Bundaran HI ke Jalan Imam Bonjol ditutup.

Penutupan itu berdampak pada arus lalu lintas dari arah Jalan Sudirman ke Thamrin menjadi macet. Sejumlah orang tampak berdiri di jembatan penyeberangan di depan Hotel Indonesia untuk mengambil foto kebakaran dari jarak jauh.

Kebakaran terjadi di Wisma Kosgoro yang berada di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin petang, 9 Maret 2015. Sekitar 20 mobil pemadam kebakaran dari berbagai wilayah, berusaha memadamkan si jago merah. Menurut keterangan salah satu petugas kebakaran, api mulai membesar sekitar pukul 19.00 WIB. Berdasarkan pantauan Tempo, air yang digunakan untuk memadamkan kebakaran disedot dari kolam Bundaran Hotel Indonesia.

Untuk memperlancar proses pemadaman, polisi menutup jalan dari Bundaran HI ke Jalan Imam Bonjol. Walhasil lalu lintas dari Jalan Sudirman ke Jalan Thamrin tidak bergerak. Kemacetan pada jam pulang kantor ini mengular hingga kawasan Semanggi. Sejumlah orang tampak berdiri di jembatan penyeberangan di depan Hotel Indonesia untuk mengambil foto kebakaran dari jarak jauh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s