Polis Berhasil Tangkap Pengedar Kosmetik Palsu


Kepolisian menangkap pengedar kosmetik palsu, Budi Utomo, 37 tahun, warga Jalan Simpang Grajakan, Kelurahan Pandanwangi, Kota Malang. Polisi menyita 30 ribu lembar kapur barus, bahan baku pembuat kosmetik, dan kosmetik yang telah jadi. “Ada 10 jenis krim kosmetik,” kata Kepala Kepolisian Sektor Blimbing Komisaris Rofiq Himawan pada Rabu, 2 Januari 2013.

Penyelidikan digelar setelah mendapat informasi dari masyarakat yang curiga terhadap adanya kosmetik berharga murah. Setiap jenis kosmetik palsu dijual Rp 6 ribu lebih murah. Produk kosmetik palsu nyaris sama dengan kosmetik asli. Namun kemasan kosmetik palsu tak dilengkapi dengan merek berhologram. Omzet penjualan kosmetik palsu diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Kosmetik palsu beredar di seluruh wilayah Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang.

Setelah penyelidikan berlangsung, polisi berhasil membongkar pemalsuan kosmetik tersebut. Polisi juga menyita kapur, tawas, dan alat cetak yang digunakan untuk memalsukan aneka kosmetik. Budi akan dijerat dengan pasal berlapis. Ia dianggap melanggar pemalsuan merek, melanggar hak cipta, melanggar Undang-Undang Kesehatan, Undang-Undang Perlindangan Konsumen. Ancaman hukumannya adalah minimal 5 tahun penjara. “Kini, tersangka meringkuk di balik jeruji besi,” kata Rofiq.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Badan Pengawasan Obat dan Makanan bakal memblokir 83 situs yang memasarkan obat ilegal dan atau palsu. “Paling banyak yang memasarkan obat disfungsi ereksi,” kata Kepala Badan POM Lucky S. Slamet ketika konferensi pers di kantornya, Senin, 8 Oktober 2012.

Delapan puluh tiga situs yang menjual obat-obat, seperti viagra dan levitra, kata Lucky, memuat produk tanpa izin. Situs yang dianggap ilegal, Lucky melanjutkan, antara lain http://www.obatvitalitas.com, http://www.solusiejakulasidini.com, dan http://www.tokosuntik.com.

BPOM juga, kata Lucky, melakukan penyitaan terhadap 66 item obat ilegal melalui Operasi Pangea 2012. Kepala Subdirektorat Penyidikan dan Penindakan Kementerian Kominfo, Aidil Cenderamata, mengatakan akan segera menutup situs-situs itu setelah mendapatkan surat rekomendasi dari BPOM. Sebelumnya, Kementerian sudah menutup 30 situs obat ilegal tahun lalu.

Lucky berharap masyarakat lebih berhati-hati mengkonsumsi obat. Selain mengecek kandungannya, kata dia, warga dianjurkan memeriksa nomor registrasi dan membeli di apotek atau sesuai dengan resep dokter. BPOM juga mengimbau masyarakat untuk melaporkan jika ada hal-hal yang mencurigakan terkait peredaran produk obat dan suplemen makanan ilegal atau palsu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s