Modus Buang Sampah Sembarangan Di Pagi Buta Atau Ketika Berangkat Kantor


Di wilayah Kelurahan Kuta Baru, Kabupaten Tangerang, banyak warga yang sengaja membuat sampah di pagi buta. Sampah dibawa dengan sepeda motor atau mobil lalu dilempar begitu saja di tempat pembuangan sampah liar di sejumlah titik di kawasan itu. Tempat pembuangan sampah (TPS) liar menjamur di Jalan Raya Kutabumi, Kuta Baru, Kabupaten Tangerang. Sampah-sampah tersebut berserakan di pinggir jalan tanpa ada bak penampungan tertutup.

Pantauan , setidaknya ada empat titik TPS liar di Jalan Raya Kutabumi. Titik pertama berada di depan toko telepon selular. Di titik itu sampah menumpuk tak terurus. Titik kedua, tak jauh dari situ, di depan toko plastik. Di situ kantong-kantong sampah juga menumpuk.

TPS liar ketiga berada di depan Bank Mega Syariah. Sampah-sampah tersebut berjejer serta menumpuk tak karuan. Titik keempat berada di toko selular lainnya. Sampah tersebut berada di samping pohon akasia yang sengaja di tanam di Jalan Raya Kutabumi. Tumpukan sampah yang berserakan hingga seperempat badan jalan itu kerap menyebabkan kemacetan. Warga yang melintas berusaha menghindar sehingga lajur jalan menjadi sempit.

Warga Kuta Baru Edi Sucipto (38) mengatakan dirinya kerap kali melintas di dekat tumpukan sampah. Saat melintas, ia memilih untuk menghindari tumpukan sampah agar tidak melindasnya. “Saya enggak mau lah melintas di tumpukan sampah gitu. Kotor banget, bau lagi,” kata Edi, di Tangerang, Minggu. Ia berharap pemerintah Kabupaten Tangerang segera menertibkan TPS liar ini agar jalanan menjadi bersih dan rapi. “Biar enak lah dilihatnya. Kalau sampah berserakan gitu kan enggak enak,” kata Edi.

Sementara itu, Lurah Kuta Baru Rumdani mengatakan, pengelolaan sampah berada di tangan Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakamanan Kabupaten Tangerang. Pengangkutan sampah tersebut dilakukan satu kali dalam dua hari. “Sebenarnya yang buang sampah itu adalah orang yang lewat di situ, langsung lempar ke situ sambil naik kendaraan. Kadang jam tiga pagi udah penuh,” kata Rumdani saat dikonfirmasi.

Pihak Kelurahan Kuta Baru mengaku tak bisa berbuat banyak untuk membenahi kesemrawutan sampah ini. Kelurahan hanya menyediakan sepeda motor pengangkut sampah untuk TPS-TPS resmi. “Enggak ada anggaran juga kalau mau buat yang macam-macam. Tapi, nanti kita segera buat spanduk larangan serta mencantumkan perda tentang hukuman buang sampah sembarangan,” ujar Rumdani.

One response to “Modus Buang Sampah Sembarangan Di Pagi Buta Atau Ketika Berangkat Kantor

  1. Tidak adakah tukang sampah kok harus buang sampah sembarangan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s