Kronologi KPK Tangkap Tangan Anggota Dewan Yang Suap Anggota PN Jaksel Di Bali


Operasi tangkap tangan atau OTT kembali dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap sejumlah penyelenggara negara. Berdasarkan informasi yang dihimpun, operasi tangkap tangan tersebut dilakukan di Bali. Saat dikonfirmasi, pimpinan sementara KPK Johan Budi tidak membenarkan mau pun membantah adanya operasi tangkap tangan tersebut.

“Nanti akan dijelaskan setelah semuanya,” ujar Johan, Jumat (10/4/2015) dini hari. Johan enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai operasi tersebut. Hingga saat ini, sumber resmi KPK belum angkat bicara mengenai operasi tangkap tangan tersebut.

Menurut sumber, OTT dilakukan di sebuah hotel di Sanur, Bali. Disebutkan, OTT tersebut diduga menangkap seorang anggota Dewan, ada juga seorang perwakilan dari PN Jakarta Selatan. Dalam OTT tersebut, diduga anggota Dewan itu berusaha menyuap anggota PN Jaksel sebesar 40.000 dollar AS. Direncanakan pada pagi ini para tersangka akan dibawa ke Jakarta.

KPK kembali beraksi dengan menangkap di tempat terduga pelaku tindak pidana korupsi. Anggota dewan yang merupakan kader PDIP tertangkap basah akan terlibat suap. “Iya benar itu kader PDIP,” ujar politikus PDIP Eva Kusuma Sundari saat dikonfirmasi, Jumat (10/4/2015). Menurut informasi yang diperoleh detikcom dari internal KPK, oknum yang tertangkap berinisial H. Dia adalah anggota DPR RI. Oknum itu ditangkap di salah satu hotel berbintang di Sanur, Bali.

Namun, Eva membantah jika kader PDIP yang tertangkap adalah H yang merupakan anggota DPR. Menurut Eva, yang tertangkap adalah salah satu anggota DPRD di Maluku. “Bukan H setahu saya. H itu baru jadi anggota DPR, ndak mungkin dia. Setahu saya yang ditangkap itu orang DPRD Maluku,” ungkap Eva. Eva kemudian menyebut bahwa aksi yang dilakukan oknum itu tak terkait dengan partainya. Tindakan itu merupakan urusan pribadi si oknum.

“Namanya E, dari DPRD Maluku. Tunggu saja nanti penjelasan kami,” pungkas Eva.Anggota DPR berinisial H telah ditangkap tim KPK pada Kamis (9/4) malam saat melakukan transaksi suap di sebuah hotel berbintang di Sanur, Bali. H diketahui merupakan anggota DPR yang berasal dari fraksi PDIP.

Informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber pada Jumat (10/4/2015), H tercatat sebagai salah satu anggota DPR dari fraksi PDIP. Dia tercatat baru tahun ini menduduki posisi sebagai anggota dewan. Seperti diketahui, H ditangkap penyidik KPK di sebuah hotel di Sanur, Bali. H berada di Bali juga untuk mengikuti kongres PDIP yang tengah berlangsung.

Dari tangan H, KPK mengamankan uang dengan nilai ratusan juta rupiah. Hingga saat ini, masih didalami motif pemberian uang suap itu. Namun, hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak PDIP terkait penangkapan H. Pihak PDIP yang coba dihubungi sejak semalam belum memberikan jawaban. Telepon dan pesan singkat yang dikirimkan tak kunjung mendapat balasan.KPK langsung mengembangkan proses penangkapan seorang anggota DPR berinisial H di sebuah hotel berbintang di Sanur, Bali. Dalam proses pengembagan itu, KPK mengamankan beberapa orang di Jakarta.

Pantauan di gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (10/4/2015) satu unit mobil Toyota Innova B 1283 JU memasuki basement gedung KPK. Mobil dengan kaca yang sangat gelap itu masuk ke area gedung KPK sekitar pukul 01.00 WIB.

Tak terlihat jelas wajah orang-orang yang ada di mobil itu karena tebalnya kaca film yang terpasang. Hanya tampak bayang-bayang tiga orang pria yang ada dalam mobil dan langsung masuk ke gedung. Wartawan tak dapat melihat ketiga orang tersebut keluar dari mobil. Informasi yang didapat, mobil itu membawa beberapa orang yang ikut diamankan terkait penangkapan anggota DPR di Bali. Beberapa orang yang ditangkap di Jakarta itu kini tengah menjalani pemeriksaan intensif di lantai tujuh gedung KPK.

Sementara itu, anggota DPR berinisial H sedang dalam proses untuk diterbangkan ke Jakarta. Diperkirakan sebelum pukul 07.00 WIB, H sudah sampai di KPK untuk langsung diperiksa intensif selama 1×24 jam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s