Pesawat F-16 TNI AU Terbakar dan Meledak Di Bandara Halim Perdanakusumah


Pesawat F-16 terbakar dan meledak di Lanud Halim Perdanakusumah. Pesawat itu terbakar sesaat sebelum pilot mencoba untuk take off. Seorang perwira menengah yang bertugas di Lanud Halim Perdana Kusumah mengatakan pesawat itu sedang akan tinggal landas di Lanud Halim. Namun pesawat gagal naik ke atas karena muncul ledakan dari bagian belakang.

“Pesawat bablas. Gagal naik,” ujar perwira itu, Kamis (16/4/2015). Pilot yang mengemudikan pesawat itu Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono. Sang pilot berhasil menyelamatkan diri meski mendapatkan sejumlah luka. “Saat ini sedang dirawat,” ujar perwira tersebut. Sebuah pesawat F-16 dengan nomor ekor 1643 pada pukul 08.15 pagi tadi gagal terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Pesawat gagal take off karena muncul api di bagian ekor.

“Pesawat kemudian berhenti, pilot turun dan api dipadamkan,” kata Kepala Dinas Penerangan Umum TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto ketika dikonfirmasi, Kamis (16/4/2015). Jet buatan AS tersebut dipiloti oleh Letnan Kolonel Pnb Firman Dwi Cahyono. Berdasarkan foto-foto yang beredar di Twitter, kebakaran yang menimpa pesawat itu cukup hebat. Api berkobar, asap hitam membumbung. Terdapat juga foto pesawat yang telah berhasil dipadamkan dengan busa warna putih yang tampak bertebaran.

Saat ini, menurut Hadi, pesawat tempur F-16 itu sudah ditarik ke hanggar. Menurut informasi yang dikumpulkan, pesawat tersebut sedianya akan atraksi fly pass di depan Presiden Jokowi di Mabes TNI Cilangkap, bertepatan dengan pemberian gelar ‘warga kehormatan’ kepadanya. Atraksi tetap dilakukan, namun hanya oleh 1 pesawat F-16 saja. Sementara, pilot Firman Dwi Cahyono menderita luka-luka setelah menyelamatkan diri dari pesawat.

Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono berhasil menyelamatkan diri dari pesawat F-16 terbakar yang dipilotinya. Namun perwira menengah itu terluka. “Mendapatkan luka di siku kiri mengelupas, punggung belakang panas, leher luka, luka kecil di siku kanan,” ujar seorang perwira yang bertugas di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Kamis (16/4/2015).

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, pesawat tempur F-16 yang terbakar di Bandara Halim saat ini sudah ditarik ke hanggar. “Saat ini pesawat sudah ditarik ke hanggar,” kata Hadi saat dikonfirmasi Kamis (16/4/2015). Hadi belum menjelaskan musabab pesawat tersebut terbakar. Rencananya Dinas Penerangan Umum TNI AU akan segera memberikan keterangan tertulis kepada media.

Menurut informasi yang dikumpulkan, pesawat tersebut sedianya akan melakukan fly pass di hadapan Presiden Jokowi di Mabes TNI Cilangkap, bertepatan dengan pemberian gelar ‘warga kehormatan’ kepadanya. Atraksi tetap dilakukan, namun hanya oleh 1 pesawat F-16 saja. Sebuah pesawat tempur F-16 terbakar saat hendak lepas landas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Kepulan asap dari kebakaran pesawat tempur buatan AS ini terlihat dari jarak yang cukup jauh.

“Sempat terdengar ledakan yang cukup keras,” kata salah seorang saksi mata peristiwa itu Kamis (16/4/2015). Warga itu sempat mengirimkan foto kepulan asap akibat terbakarnya pesawat tempur tersebut ke pasangmata.com. Terlihat kepulan asap dari kebakaran pesawat ini cukup pekat. “Pesawatnya mau terbang terus terbakar, tapi tak tahu ada korban apa enggak akibat kejadian itu,” katanya. Seorang perwira TNI AU mengatakan pilot pesawat itu bisa menyelamatkan diri. Namun pilot pesawat ini mengalami sejumlah luka akibat insiden ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s