Daftar Pengalihan Arus Lalu Lintas Saat KTT Asia Afrika


Saat kendaraan tamu peserta KAA melintas, polisi di setiap simpang akan menghentikan pengendara motor atau mobil sejauh 20 meter dari titik simpang atau lampu lalu lintas. Berikut rekayasa arus lalu lintas yang terdapat di 30 titik lokasi:

Dari Senayan:
1. Arus lalin yang datang dari timur ke Barat Jl Gatot Subroto, akan dialihkan ke kiri Jl Jenderal Sudirman menuju Sisingamangaraja dan seterusnya atau dialihkan melingkar Semanggi arah utara menuju Jl Jenderal Sudirman menuju Jl MH. Thamrin dan seterusnya.
2. Kendaraan roda empat dimasukkan ke gerbang tol Senayan
3. Arus lalin yang ingin melintas gerbang Pemuda diluruskan di sekat 2
4. Arus lalin yang datang dari Jl Asia Afrika yang ingin melintas di Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Palmerah
5. Arus kendaraan yang datang dari arah Sisingamangaraja yang ingin masuk pintu I Senayan diluruskan ke arah Jl Jenderal Sudirman kemudian ke Semanggi dan seterusnya
6. Arus kendaraan yang datang dari arah Sisingamangaraja yang ingin masuk pintu V Senayan diluruskan ke arah Jl Jenderal Sudirman kemudian ke Semanggi dan seterusnya

Dari Harmoni menuju Bundaran HI:
1. Arus lalin dari Jl Medan Merdeka Utara yang menuju ke Jl Medan Merdeka Barat atau Thamrin dialihkan di TL Oteva ke Jl Tanah Abang Barat atau ke Harmoni
2. Arus lalin yang datang dari arah tanag Abang dialihkan ke arah Harmoni
3. Arus lalin yang datang dari arah Jl Abdul Muis menuju Bundaran Air Mancur diluruskan ke arah Harmoni begitupun sebaliknya
4. Arus lalin yang datang dari Jl Medan Merdeka Selatan dialihkan ke Jl Agus Salim
5. Arus lalin yang datang dari Jl Sabang dialihkan ke Jl Kebon Sirih menuju Tugu Tani
6. Arus lalin yang datang dari Jl Wahid Hasyim menuju Thamrin diputar balikkan
7. Arus lalin yang datang dari arah Jl Sabang dialihkan ke Jl Wahid Hasyim menuju Tugu Tani
8. Arus lalin yang datang dari arah Jl Kebon Kacang menuju HI diputar balikkan
9. Arus lalin yang datang dari Jl Moch. Yamin dialihkan ke kiri belakang Hotel Mandarin
10. Arus lalin yang datang dari Jl Imam Bonjol dialihkan ke Pamekasan ke arah Jl Sumenep

Kawasan Dukuh Atas menuju Monalisa:
1. Di traffic light CSW lalin yang akan menuju ke arah Jl Sudirman dialihkan ke Jl Trunojoyo (ke timur) dan ke Jl Kyai Maja
2. Di traffic light Bunderan Senayan dialihkan ke Jl Hangtuah menuju Jl Pakubuwono
3. Jl Pintu I diputar balik doorbrak FX Sudirman menuju ke Jl Asia Afrika
4. Semanggi atas dari arah Grogol menuju ke Jl Sudirman dibelakang GKBI dialihkan ke arah Cawang (Timur)
5. Semanggi dari arah Cawang yang akan turun menuju Jl Sudirman dialihkan ke arah Grogol (barat)
6. Pertigaan Benhil diputar balik arah Penjernihan
7. Pertigaan Meredian yang datang di Jl Mas Mansyur menuju ke Jl Sudirman diputar balik ke arah Tanah Abang
8. Pertigaan Danamon yang datang dari Casablanka samping Gedung Sampoerna diluruskan naik fly over ke arah Tanah Abang
9. Depan BNI Dukuh Atas jalur lambat dialihkan turun arah Manggarai atau Tanah Abang atau menuju ke Pejompongan
10. Sisi-sisi kendaraan dari jalur cepat dialihkan arah Jl Blora
11. Pertigaan Chase Plaza yang akan menuju atau masuk Jl Sudirman diputar balik ke kawasan Setiabudi

Kawasan Pancoran-Kuningan-Blok M:
1. Arus kendaraan yang datang dari arah MT Haryono menuju Gatot Subroto dialihkan ke kiri arah Pasar Minggu dan arus kendaraan yang datang dari Dr Supomo maupun dari Pasar Minggu diluruskan atau dialihkan ke MT Haryono dan arus kendaraan dari Pasar Minggu bisa dialihkan ke Jl Duren Tiga
2. Arus kendaraan yang datang dari arah Mampang menuju Rasuna Said bisa dialihkan melalui Jl Duren Tiga, Mampang Prapatan atau Jl kapten Tendean – Wolter Monginsidi dan seterusnya
3. Arus kendaraan yang datang dari arah Jl Panglima Polim menuju Jl Sisingamangaraja dialihkan ke Jl Melawai – Sultan Iskandarsyah – Wijaya I atau melalui Jl Tirtayasa adapun jalan lainnya melalui jalan ke kiri Kyai Maja – atau ke kanan Jl Trunojoyo – Wolter Monginsidi

Khusus Jakarta, kepolisian daerah Metro Jaya telah membuat beberapa skenario rekayasa lalulintas. Berikut perinciannya arus Pancoran-Kuningan-Blok M:

1. Arus kendaraan yang datang dari arah MT Haryono menuju Gatot Subroto dialihkan ke kiri Pasar Minggu dan arus kendaraan yang datang dari Dr Supomo maupun dari Pasar Minggu diluruskan atau dialihkan ke Jl MT Haryono dan arus kendaraan yang dari Pasar Minggu bisa dialihkan ke Jl Duren Tiga.

2. Arus kendaraan datang dari arah Mampang menuju Rasuna Said bisa dialihkan melalui Jl Duren Tiga, Mampang Prapatan 7 (Jl Bangka) atau Jl Kapten Tendean-Wolter Monginsidi dan seterusnya.

3. Arus kendaraan yang datang dari Jl Panglima Polim menuju Jl Sisingamangaraja dialihkan ke Melawai atau Jl Sultan Iskandarsyah-Wijaya I atau melalui Jl Tirtayasa, adapun jalan lainnya melalui jalan ke kiri Kyai Maja-ke kanan Jl Trunojoyo-Wolter Monginsidi dan seterusnya.

Alih Arus di Sekitar Senayan
1. Arus lalulintas yang datang dari timur ke barat Jl Gatot Subroto dialihkan ke Jl Jenderal Sudirman-Sisingamangaraja dan seterusnya atau dialihkan melingkar Semanggi arah utara-Jl Jenderal Sudirman-MH Thamrin dan seterusnya.

2. Kendaraan roda empat dimasukkan ke GT Senayan.

3. Arus lalulintas yang ingin melintas gerbang pemuda diluruskan di sekat 2.

4. Arus lalulintas yang datang dari Jl Asia Afrika yang ingin melintas gerbang pemuda diluruskan arah Palmerah

5. Arus kendaraan yang datang dari arah Sisingamangaraja yang ingin masuk Pintu 1 Senayan diluruskan arah JL Jenderal Sudirman-Semanggi dan seterusnya.

6. Arus kendaraan yang datang dari arah Sisingamangaraja yang ingin masuk Pintu V Senayan diluruskan arah Jl Jenderal Sudirman-Semanggi dan seterusnya.

Pada hari berlangsungnya KAA di JCC seluruh pintu masuk maupun keluar ditutup sementara untuk umum, kecuali petugas yang menjaga kegiatan tersebut.

Pengelola bandara, PT Angkasa Pura II (Persero), menyiapkan empat bandara untuk menyambut delegasi Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika ke-60. Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan di antaranya adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta. Kedua bandara akan menyambut kedatangan para delegasi dari 109 negara pada Ahad, 19 April 2015.

Adapun Bandara Internasional Husein Sastranagara, Bandung, akan menyambut para delegasi pada 23 April 2015. Sedangkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang akan disiapkan sebagai lokasi parkir pesawat kenegaraan dari para delegasi jika diperlukan.PT Angkasa Pura II, menurut Budi, telah berkoordinasi dengan antara lain Kantor Staf Kepresidenan, TNI, Kepolisian RI, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta Pemerintah Kota Bandung untuk menjamin kelancaran dalam penyambutan tamu negara di bandara-bandara tersebut.

“Kami merasa terhormat dapat berkontribusi dalam KAA ini,” kata Budi, Sabtu, 18 April 2015. Sekretaris PT AP II Eko Diantoro menambahkan sebagai bagian dari penyambutan, di Terminal 2 Kedatangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 19 April akan diadakan pameran seni pop-art dan foto-foto koleksi Museum Konferensi Asia-Afrika. Selain itu juga ada happening art yang menampilkan seniman lokal dengan kostum dan rias wajah menyerupai tokoh-tokoh pendiri KTT Asia-Afrika.

Para penyewa tempat atau tenant di area komersial juga ikut memeriahkan KTT Asia-Afrika dengan memberikan potongan harga sebesar 10-15 persen khusus untuk produk kerajinan tangan atau handycraft mulai 16-26 April 2015. Di Bandara Husein Sastranegara, para seniman lokal Bandung akan menampilkan pertunjukan Kecaping Suling untuk memperkenalkan musik tradisional kepada para delegasi asing.

Sementara itu, seiring dengan adanya penerbangan VVIP dalam rangka KTT Asia-Afrika, di Bandara Halim Perdanakusuma dilakukan penyesuaian jadwal penerbangan komersial pada 19-23 April dan 25 April. Khusus pada 24 April, bandara dibuka untuk penerbangan sipil pada pukul 05.00-05.30 WIB dan ditutup pada 05.30-18.00 WIB. Kemudian buka pada 18.00-21.00 WIB dan kembali ditutup pada 21.00 WIB hingga 05.00 WIB pada 25 April.

Penutupan untuk penerbangan sipil juga dilakukan di Bandara Internasional Husein Sastranegara pada 23 April pukul 16.00 WIB hingga 24 April pukul 21.00 WIB. Hingga saat ini sejumlah negara sudah mengkonfirmasi jadwal kedatangan mereka dengan total jumlah penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebanyak lima penerbangan dan ke Bandara Halim Perdanakusuma 18 penerbangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s