Orang Kaya Pemilik Lamborgini Tidak Pasang Plat Nomer Seperti Yang Diwajibkan Undang Undang


Beberapa mobil Lamborghini tidak memasang pelat nopol di bagian depan mobil dalam konvoi yang dikawal polisi hari ini. Apa alasannya? “Yang depannya nggak ada (pelat nopol), belakang ada. Karena depannya nggak ada tempatnya,” ujar Presiden Lamborghini Club Indonesia Lal De Silva saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (3/5/2015). De Silva beserta konvoi ditemui di halaman Bengkel Cafe, SCBD Sudirman, Jakarta.

Polisi yang mengawal juga sepertinya tidak mempersalahkan tiadanya pelat nopol di depan, mengapa itu bisa terjadi? “Ya, you lihat aja tempatnya, nggak ada lampu, itu biasa. Di Eropa juga sama,” sahut De Silva. Kovoi mobil sport mahal itu dimulai dengan kumpul Bengkel Cafe, SCBD, Jakarta Selatan., Lamborghini itu mulai konvoi sekitar pukul 08.00 WIB dengan pengawalan kepolisian lalu masuk ke gerbang tol Senayan. Mobil ini terus melaju dari Senayan ke arah Slipi.

Pantauan hanya dua mobil yang memasang pelat depan dan belakang dengan lengkap, yaitu Lamborghini warna hitam dengan nopol B 1 HKD dan Lamborghini kuning B 900 MC. Sedangkan 7 mobil lainnya hanya memasang pelat belakang saja, tanpa pelat depan. Pemilik mobil mewah Lamborghini di Jakarta mengaku bingung menaruh nomor polisi di mobilnya. Alasannya, desain mobil tak memiliki tempat pelat nomor polisi. Namun di luar negeri, mobil super premium ini tetap berpelat nomor di bagian bemper depannya.

Seperti dikutip detikcom dari berbagai sumber, mobil super premium yang berkeliaran di jalanan luar negeri tetap memakai pelat nopol di bagian depan. Salah satu contohnya, seperti video-video yang diunggah supercarscene.co.uk ini, Lamborghini Aventador yang berkeliaran di jalanan London, tetap memakai pelat nomor. Situs ini mengkhususkan diri untuk menangkap secara tak sengaja apa yang dialami mobil-mobil super mewah di jalanan. Salah satunya seperti foto yang di atas itu, di mana pesepeda tiba-tiba menghalangi jalan mobil super mewah itu. Lamborghini itu tampak memakai pelat nopol, V12 MMJ.

Atau dari situs carnewschina.com misalnya, ada berita snapshot tertangkapnya Lamborghini Aventador yang berkeliaran di kota Hefei, Provinsi Anhui, China. Lamborghini itu berwarna hitam matte dengan nopol A D 6666 di pelat warna biru. Di situs Kuwaitiful lain lagi, ada snapshot Lamborghini Aventador hitam matte berkeliaran di jalanan London dengan pelat nomor Kuwait di atas kap mesinnya, ‘Kuwait 10-84435’ di pelat putih.

Sebelumnya, Ketua Pembina DCI Basuki Lidin menyatakan memang mobil sport Lamborghini mempunyai bentuk moncong yang sulit dipasangi pelat nomor depan. Ini merupakan hal yang biasa lantaran memang sudah ‘dari sononya’ anatomi mobil sport dibuat seperti itu. “Memang dari pabrikan sudah seperti itu,” kata Basuki yang berprofesi sebagai pengusaha. Sebenarnya sepeda motorpun sulit untuk memasang plat nomer karena akan merusak keindahan desain dari sepeda motor tersebut.

Sedangkan menurut Polda Metro Jaya, seharusnya mobil jenis apapun ada pelat nomornya. “Seharusnya, mobil baik di depan atau belakang kendaraan ada pelat (nomor). Ini berlaku untuk semua kendaraan, depan belakang harus ada nomor polisi,” kata Kasat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Hindarsono,.

Nomor-nomor tersebut tak lain sebagai identitas sebuah kendaraan dan syarat kendaraan tersebut untuk melaju di jalanan. “Kalau di sirkuit enggak pakai plat nomor memang tidak perlu, kalau di jalan raya itu wajib,” tegasnya. Selain itu, pelat nomor adalah untuk memudahkan polisi mengidentifikasi kendaraan. Entah kendaraan itu dijadikan sebagai alat kejahatan atau mengetahui pemilik kendaraan bila mana terjadi sesuatu terpaut kendaraan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s