Pengendara Motor Gede Moge Kini Harus Punya SIM Khusus


Naik moge atau sepeda motor dengan mesin berkapasitas besar butuh skill khusus. Jika tak biasa, kemungkinan celaka sangat besar. Pasalnya, bobot dan tingkat kesulitan pengendalian jauh berbeda dengan sepeda motor sport, bebek, apalagi skutik. Mulai tahun depan, Korlantas Polri mewacanakan bahwa biker moge harus punya SIM khusus, karena tidak semua penunggangnya mahir meliukkan bodi kendaraannya, atau sekadar menguasai haluan.

Di sela peresmian Safety Riding Centre Astra Motor di Yogyakarta, Jumat (8/5/2015), Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Condro Kirono menyatakan bahwa pihaknya mulai memikirkan perombakan Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus sepeda motor.

”Kalau dilihat dari tingkat kesulitan dan mesin yang memiliki kemampuan besar, seharusnya dibedakan. Jenis SIM untuk pengguna motor besar sedang kami coba rencanakan berbeda dengan sepeda motor biasa,” ujar Condro.

Perwira tinggi kepolisian itu menambahkan, rencana pemberlakuan SIM khusus untuk moge ini bisa mulai diterapkan tahun depan. “Mudah mudahan, pada 2016 sudah mulai jalan,” imbu Condro.

Pengklasifikasian SIM belum dijabarkan, namun Condro hanya menggambarkan, SIM akan dibagi dalam tiga bagian kelas berdasarkan jenis mesinnya. ”Rencananya akan dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan kelompok mesin, kategori di bawah 250 cc, antara 250 – 500 cc, serta di atas 500 cc. Gambarannya nanti, akan ada SIM C, SIM C1, dan SIM C2,” tutup Condro.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s