Horee … Polisi Akhirnya Berhasil Tembak Mati Begal Pembunuh Haji Rahmat Juragan Beras Di Ciracas


Subdirektorat Kejahatan dan Kekerasan Polda Metro Jaya menangkap dua buronan kasus begal yang menewaskan juragan beras, Haji Rahmat, di Ciracas, Jakarta Timur. Polisi pun menembak mati seorang tersangka karena mencoba melawan petugas saat akan ditangkap. “Total dua orang, tapi yang satu tewas ditembak karena berniat kabur dan melawan,” kata Kasubdit Jatanras Polda Ajun Komisaris Besar Herry Heryawan saat dihubungi, Senin, 11 Mei 2015.

Kedua tersangka diketahui bernama Abdullah alias Dul dan Abdillah Ihsan. Tersangka tewas bernama Dul karena melawan petugas saat akan ditangkap. Dul ditangkap Senin siang, 11 Mei 2015.Herry mengatakan, penangkapan itu berawal saat polisi meringkus Abdillah, di kamar kosnya di Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu malam, 10 Mei 2015. Saat diperiksa, Abdillah menyebutkan keberadaan Dul yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. “Dua-duanya tinggal di Cilangkap,” ujar dia.

Namun saat akan ditangkap, Dul mencoba melawan dan berniat melarikan diri. Tembakan peringatan yang diberikan polisi tidak diindahkan oleh tersangka. “Jadi kami terpaksa menembak tersangka hingga akhirnya dia tewas di tempat,” kata dia.Selain dua tersangka, polisi juga masih memburu tujuh orang terduga pelaku begal komplotan Dul. Herry mengatakan polisi sudah mengidentifikasi para pelaku dan bakal segera diringkus. “Mereka juga sudah masuk dalam DPO (daftar pencarian orang),” ujar dia.

Menurut Herry, kedua pelaku dikenal sadis saat beraksi merampok korbannya. Mereka tidak segan-segan melukai bahkan membunuh sang target jika dianggap melawan. Mereka tercatat sudah lima kali merampok dan selalu melukai korbannya. “Terakhir yang ramai itu mereka merampok juragan beras di Ciracas (Jakarta Timur),” ujar Herry.

Subdirektorat Kejahatan dan Kekerasan Polda Metro Jaya berhasil mencokok dua buronan kasus begal yang menewaskan juragan beras pada Senin, 11 Mei 2015. Satu begal bernama Dul, tewas terkena timah panas setelah mencoba melawan.

Kasubdit Jatanras Polda Ajun Komisaris Besar Herry Heryawan mengatakan dua begal dikenal sadis saat beraksi merampok korbannya. Mereka tidak segan-segan melukai bahkan membunuh sang target jika dianggap melawan. Mereka tercatat sudah lima kali merampok dan selalu melukai korbannya.

“Yang ramai itu mereka merampok juragan beras di Ciracas (Jakarta Timur),” ujar Herry saat dihubungi, Senin sore, 11 Mei 2015. Sepak terjang pelaku diketahui merampok pertama kali di SPBU di kawasan AURI, Ciracas, Jakarta Timur, pada Februari 2015. Saat itu korbannya ditembak dan dibacok saat akan menyetorkan uang milik SPBU ke bank. Beruntung korban bisa diselamatkan jiwanya.

Pada Maret 2015, komplotan itu kembali beraksi di Ciracas dan merampok seorang juragan beras. Uang milik juragan bernama Rahmat alias Mamat sebesar Rp 500 juta dibawa kabur pelaku. Korban sendiri tewas akibat tembakan pelaku.Sedangkan pada April 2015, mereka beraksi di kawasan Tapos, Depok, dan menembak korbannya yang menyimpan uang di dalam jok motor. Namun korban yang ditembak di bagian paha dan dada berhasil diselamatkan oleh warga sekitar.

Selain itu, kelompok sadis itu juga pernah merampok di Cipayung, Depok, tepatnya di depan Toko Bangunan Abadi. Uang tunai sebesar Rp 185 juta milik korban raib dibawa kabur pelaku. Sedangkan korban mengalami luka serius di bagian pelipis. Dari penangkapan itu, polisi menyita sepucuk senjata api rakitan kaliber 22 mm beserta lima butir peluru. Selain itu, satu unit sepeda motor Suzuki Satria F150 berkelir hitam dan satu buah ponsel juga disita petugas sebagai barang bukti. “Tersangka digiring ke polda dan yang tewas dibawa ke RS Polri Kramat Jati,” kata dia.

Atas perbuatannya, tersangka bakal dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan. Pelaku terancam hukuman selama tujuh tahun penjara.

Saat ini, polisi mencari tujuh kawanan Dul lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s