Kandungan Logam Berat Timbal Di Danau Lido Tinggi


Masyarakat di sekitar danau Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kini harus lebih memperhatikan lingkungannya. Peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan fakta bahwa ada konsentrasi zat timbal (Pb) yang tinggi di danau wisata tersebut. Para peneliti dari Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) yakni Tyas Dita Pramesthy, Yusli Wardiatno dan Majariana Krisanti menguji tingkat pencemaran logam berat di Danau Lido pada tahun 2014 lalu.

Tujuan awal penelitian adalah mendeskripsikan pengaruh logam berat terhadap kecacatan morfologi dari larva chironomid, yaitu larva sejenis serangga yang bentuk tubuh dewasanya mirip nyamuk tetapi tidak menggigit. Larva tersebut kerap jadi makanan ikan. Penelitian diawali dengan pengukuran kandungan Pb dan Hg di dalam perairan. Ada dua bagian danau yang diukur kandungan logam beratnya, yaitu di area dekat sawah (inlet danau) dan di area karamba jaring apung/KJA (outlet danau). Hasilnya sebagai berikut:

“Kandungan merkuri (Hg) di kedua area tersebut di bawah 0,002 mg/L (baku mutu 0,00r mgL). Sebaliknya timbal (Pb) untuk area sawah 0,190 mg/L dan area KJA 0,083 mg/L,” kata Maja, salah seorang peneliti saat dikonfirmasi, Sabtu (6/6/2015). Angka itu masuk dalam kategori tinggi dan membahayakan. Sebab level Pb dalam baku mutu peruntukan kelas III di PP No. 82 tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air adalah 0,03 mg/L.

“Dalam penelitian kami ditemukan adanya kecacatan pada gigi larva chironomid. Juga ditemukan kandungan Pb yang cukup besar (90,44 sampai 427,78 mg/L) dalam tubuh larva chironomid,” tambahnya. Chironomida dapat digunakan dalam mengkaji aspek biologi untuk mendeteksi adanya pencemaran logam berat di lingkungan perairan. Larva Chironomida dapat tumbuh di dalam lingkungan perairan dalam keadaan tinggi kandungan kimia, fisika maupun biologi sehingga larva tersebut dapat digunakan untuk merefleksikan degradasi lingkungan.

Danau Lido selama ini dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan, seperti keramba jaring apung (KJA), wisata perahu dan rumah makan apung. Namun Maja belum bisa memastikan dari mana limbah timbal itu berasal. Menurutnya, butuh penelitian lanjutan untuk mengusut masalah ini.

“Penelitian terhadap sumber Pb cukup banyak. Bisa secara alamiah maupun akibat kegiatan manusia. Dari kegiatan manusia antara lain aktivitas industri metal, aki, bahan kimia dalam proses pembuatan bahan bakar minyak, beberapa jenis cat, dan berbagai kegiatan lain,” jelasnya.

Dari hasil ini tim peneliti menyimpulkan bahwa Danau Lido telah mengalami pencemaran logam timbal (Pb). Pencemaran tersebut menyebabkan terjadinya respons morfologi pada larva Tanypodinae yaitu berupa deformitas ligula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s