Liburan Lebaran … Mal dan Restoran Cepat Saji Jadi Pilihan Untuk Wisata


Libur Lebaran tak mengurangi jumlah pengunjung mal di Jakarta, meski sebagian masyarakat telah mudik ke kampung halaman. Di mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, jumlah pengunjung tercatat normal bahkan meningkat saat libur Lebaran. Senior Public Relations Officer Grand Indonesia Brigida Alexandra Marcella mengatakan, jumlah pengunjung pada hari Lebaran terhitung normal seperti hari biasa.

“Mobil 9.500, pengunjung 70 ribu-80 ribu,” kata dia di Jakarta, Senin, 20 Juli 2015. Jumlah pengunjung pada hari kedua Lebaran pun masih stabil, yakni di kisaran 90 ribu pengunjung dengan jumlah mobil masuk sebanyak 11.150. Peningkatan pengunjung terasa pada H+1 Lebaran yang bertepatan dengan hari Minggu. Dari jumlah mobil yang masuk, ada kenaikan sekitar 10 persen dari angka normal 10 ribu mobil menjadi 11.020 mobil.

Sementara, jumlah pengunjung naik menjadi sekitar 20 persen. Biasanya jumlah pengunjung mencapai 80 ribu orang, tapi pada libur H+1 Lebaran ada sekitar 88 ribu-100 ribu orang yang datang ke mal tersebut. Hal serupa terjadi di mal lain, seperti Central Park di kawasan Jakarta Barat. Media & Public Relations Central Park Mall Fransisca Amanda mengatakan, ada peningkatan jumlah pengunjung terutama pada hari kedua Lebaran. Namun, pihaknya tidak bisa memberi angka pasti karena data pengunjung masih direkapitulasi.

Saat Lebaran, masih ada sebagian warga Jakarta yang memilih untuk menghabiskan waktunya di mal sebagai alternatif tempat makan atau hiburan. Penyiar radio, Yuke Adora, yang tetap bekerja selama Lebaran memilih beristirahat sejenak di mal setelah siaran sebelum kembali pulang ke rumah. Apalagi, lokasi kantornya berdekatan dengan salah satu mal besar di Jakarta Pusat.

“Karena aku Lebaran kerja di dekat situ, jadi sekalian pulang cari makan dan cari hiburan,” ungkap Yuke. Adapun bagi Mawar Puspita, mal adalah tempat yang cocok untuk melepas penat setelah dua hari penuh menerima kunjungan tamu dan saudara yang ingin bersilaturahmi saat Lebaran. “Dua hari kemarin capek karena keluarga pada datang ke rumah, jadi mau santai-santai di mal,” katanya. Masih dalam suasana libur Lebaran, pusat perbelanjaan di Balikpapan menjadi salah satu pilihan utama warga untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Terpantau oleh Bisnis, pada Senin, 20 Juli 2015, pukul 13.00 Wita, Plaza Balikpapan cukup padat oleh warga. Kepadatan pada libur lebaran sejak beberapa hari lalu tampak lebih tinggi dibandingkan dengan pada hari-hari normal. Beberapa tenant yang terus-menerus dipenuhi warga merupakan tenant makanan cepat saji, seperti KFC, McDonald’s, dan Wendy’s.

Lain halnya dengan coffee shop ataupun restoran lain yang tak begitu padat, tenant fast food ini sejak kemarin selalu dipadati pengunjung yang mengantre membeli makanan. Ajie Chandra, salah seorang pengunjung McDonald’s, mengatakan lebih memilih bersantap siang di restoran cepat saji dibandingkan dengan restoran lain yang menyajikan makanan-makanan dalam waktu yang cukup lama.

“Lebih enak di restoran cepat saji. Harganya lebih murah dan rasa makanannya tidak pernah berubah dari dulu,” tuturnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s