Restoran Tokyo Ramen Tabushi Meledak dan Terbakar di Kelapa Gading


Ledakan tabung gas di Restoran Tokyo Ramen Tabushi malam tadi menggegerkan warga sekitar. Salah seorang saksi menyebut suara ledakan terdengar dahsyat seperti bom. “Ledakannya kayak bom. Pelanggan saya pada lari waktu kejadian,” kata pemilik Restoran Seafood Santai Malam 1001, Irhandi di Jl Boulevard Raya, Blok IA, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (21/7/2015). Restoran milik Irhandi hanya berjarak 1 ruko dari Restoran Tokyo Ramen Tabushi. Beruntung restoran milik pria berumur 50 tahun ini tak terkena imbas ledakan.

Irhan mengaku, saat kejadian ia tengah berdiri di dekat restorannya dan baru saja mempersilakan seorang pelanggan masuk ke dalam restoran. Pelanggan tersebut sebelumnya hendak masuk ke Restoran Tokyo Ramen Tabushi, namun karena pegawai restoran mulai menutup rolling door, mereka berpindah ke restoran seafood miliknya.

“Baru pelanggan saya duduk, langsung kedengeran ledakan seperti bom. Mereka pada lari semua, termasuk yang lagi makan,” ujarnya.Ledakan tabung gas terjadi saat restoran hendak ditutup pada sekitar puku 22.00 WIB. Ada dugaan ledakan terjadi saat karyawan tengah membuka tutup selang gas. “Seorang karyawan pria, membeberkan bahwa gas meledak ketika dirinya akan membuka kepala gas, yang rutin dilakukan sebelum tutup restoran,” kata Ca saksi mata yang kebetulan berada di ruko dekat lokasi kejadian.

Sedangkan Alman yang juga berada di lokasi kejadian menyebut ledakan berasal karena ada percikan api yang menyambar ke tabung gas. “Katanya pada saat matiin kompor ada percikan api, meledak,” ujarnya. Irhandi mengaku sempat melihat pegawai Restoran Tokyo Ramen Tabushi terpental bersama dengan rolling door yang hendak ia tutup itu. Menurutnya pegawai tersebut mengalami luka hampir di sekujur tubuhnya. “Itu di dalam restoran ada empat orang. Yang di luar terpental sama rolling door. Itu pegawai semua. Cuman saya gak kenal,” paparnya.

Peristiwa tersebut menurutnya menggegerkan warga sekitar dan para pengendara yang tengah melintas. Mereka menghentikan laju kendaraan mereka beberapa puluh meter dari lokasi kejadian dan mendekat ke restoran. Sekitar pukul 22.00 WIB, Senin (20/7) warga yang berada di Jl Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakut, dikagetkan dengan suara ledakan keras dari restoran Jepang, Tokyo Ramen Tabushi. Tabung gas di restoran itu meledak dan membuat kehancuran.

Reruntuhan bangunan bagian depan restoran pada ruko ini juga menimpa dua mobil yang berada di depannya. Dilaporkan ada dua orang luka. “Luka bakar hampir 60 persen,” kata petugas RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakut saat dikonfirmasi, Selasa (21/7) dini hari.Kerasnya suara ledakan dirasakan Ca yang kebetulan sedang makan malam di restoran yang hanya berjarak dua blok dengan lokasi kejadian. “Kirain ada mobil bertabrakan, yang lagi makan berhamburan,” tutur Ca.

Orang-orang di sekitar lokasi langsung menghampiri restoran. Tampak bangunan restoran hancur berantakan, kaca-kaca berserakan ke jalan. “Bau gas di lokasi,” ujarnya. Dari percakapan orang-orang yang dekat dengan lokasi kejadian, diduga ldedakan tabung gas terjadi saat seorang karyawan hendak membuka tutup selang gas. Sebab pada sekitar pukul 22.00 WIB, restoran memang hendak ditutup.

“Katanya pada saat matiin kompor ada percikan api, meledak,” imbuh Alman yang kebetulan melintas di lokasi. Petugas pemadam dan polisi memang bergerak cepat sesaat setelah ledakan terjadi. “Untung saja di seberang ada pos polisi, polisi cepat datang,” kata Ca. Pemadam kebakaran juga menerjukan sekitar 7 mobil pemadamnya. “Sudah ada 4 mobil pemadam kecil yang mobil pemadam yang besar ada 3,” ujar Alman. Belum ada penjelasan resmi dari polisi soal penyebab ledakan dan jumlah korban akibat ledakan.Dua orang karyawan restoran Tokyo Ramen Tabushi di Jl Boulevard Raya Blok LA 4, Kelapa Gading, Jakut, dibawa ke rumah sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading. Namun keduanya langsung dirujuk ke RSCM.

“Tadi dibawa ke sini sekarang sudah dibawa ke RSCM karena luka akibat tabung gas dari restoran di Kelapa Gading,” kata petugas RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakut saat dikonfirmasi pukul 00.20 WIB, Selasa (21/7/2015). Menurutnya, kedua korban, seorang pria dan seorang perempuan, mengalami luka bakar. “Luka bakar hampir 60 persen,” sebut petugas tersebut.Ledakan tabung gas membuat bangunan restoran Tokyo Ramen Tabushi di Jl Boulevard Raya Blok LA 4, Kelapa Gading, Jakut, hancur berantakan. Reruntuhan puing restoran akibat ledakan juga menimpa 2 mobil yang diparkir persis di depan restoran.

Ca kebetulan sedang berada di restoran yang lokasinya dua ruko bersebelahan dengan lokasi kejadian. “Tadi jam 22.05 WIB ledakannya. Saat dilihat keluar, restoran sudah berantakan, kaca-kaca berserakan menimpa 2 mobil yang parkir di depannya,” ujar Ca.Restoran Tokyo Ramen Tabushi porak poranda akibat ledakan tabung gas yang terjadi malam tadi sekitar pukul 22.00 WIB. Saat ini restoran tersebut telah dipasang garis polisi.

Pantauan di lokasi, Jalan Boulevard Raya, Blok IA nomor 18, Kelapa Gading, banyak warga yang tengah melintas, menyempatkan diri untuk melihat kondisi restoran. Beberapa memarkirkan kendaraannya untuk melihat lebih jelas keadaan di dalam restoran dari balik garis polisi. Para warga itu tampak mengabadikannya melalui ponsel mereka masing-masing. “Saya sering makan di sini. Rencananya hari ini mau makan di sini juga sama teman-teman, tapi ternyata malah meledak,” kata salah seorang warga, Chyntia di lokasi, Jl Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (21/7/2015).

Sementara itu kondisi di dalam restoran tampak acak-acakan. Terlihat meja makan dan kursi hancur porak-poranda. Tidak ada seorangpun di area tersebut. Polisi juga tak terlihat berjaga di lokasi. Ruko-ruko yang terletak di samping restoran Jepang itu tampak utuh dan tak terkena imbas ledakan tabung gas. Mereka tetap beroperasi seperti biasa. Seorang petugas terlihat tengah membersihkan rukonya yang terkena bekas ledakan. Puing-puing sisa ledakan Restoran Tokyo Ramen Tabushi tampak memenuhi halaman rukonya.

Ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 22.00 WIB malam tadi menjelang restoran tutup. Tak disangka, tabung meledak saat karyawan restoran hendak melepas katup tabung seperti yang biasa dilakukannya selama ini. 2 Orang menjadi korban akibat ledakan tersebut. Mereka dilarikan ke RS Mitra Kemayoran. Namun karena menderita luka bakar parah, salah satu diantaranya dilarikan ke RSCM untuk mendapat penanganan intensif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s