Tol Cipali Sukses Pindahkan Kemacetan dari Jabar ke Jateng


Ketua Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Darmaningtyas menilai beroperasinya jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) efektif dalam memindahkan kemacetan dari Jawa Barat ke Jawa Timur pada musim mudik lebaran tahun ini. Keberadaan tol terpanjang di Indonesia itu juga sukses menambah sejarah kelam kecelakaan kendaraan di jalan tol selama musim mudik lebaran.

“Tol Cipali itu hanya memindahkan kemacetan dari Jawa Barat ke Jawa Tengah. Kalau dulu macetnya mulai dari Simpang Jomin sampai Cirebon, sekarang macetnya mulai pintu tol Pejagan,” ujarnya kepada CNN Indonesia, Senin (20/7).

Sebelum ada tol Cipali, kata Darmaningtyas, hampir tak ada cerita kendaraan umum kecelakaan di jalan tol selama arus mudik lebaran. “Kalau sekarang terjadi kecelakaan angkutan umum di jalan tol,” katanya. Namun, dia mengakui bahwa secara umum kondisi arus mudik pada tahun ini relatif lebih baik dibandingkan tahun lalu. Perbaikan pelayanan angkutan udara, laut dan kereta api dinilainya sebagai faktor utama kelancaran arus mudik.

“Angkutan udara yang diharapkan bis ajadi tumpuan justru terhambat oleh erupsi Gunung Raung. Tapi itu kan di luar kuasa manusia,” tuturnya. Darmaningtyas mengatakan angkutan umum darat merupakan moda transportasi yang banyak ditinggalkan pemudik pada tahun ini. Bukan karena secara ekonomi meningkat, tetapi lebih karena faktor kelancaran dan keamanan yang kurang terjamin.

“(Pelayanan) kapal laut cukup baik, kereta api juga bagus, demikian pula dengan pesawat terbang. Kalau angkutan darat kan macet dan kurang nyaman dan aman,” tuturnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s