Daftar Budget Hotel dan Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Belitung


Jika bicara soal liburan sudah pasti akan bicara juga mengenai penginapan. Liburan ke Bangka Belitung, ada dua cara menginap yaitu gaya koper atau ransel. Ini dia beragam penginapannya yang bisa dipilih! Bangka dan Belitung sedang jadi destinasi yang banyak dilirik wisatawan. Selain karena pantainya yang cantik, suasana dan objek wisata pendukung lainnya juga tak kalah menarik. Untuk menginap di sana ada pilihan akomodasi kelas ransel yang hemat, atau kelas koper yang lebih nyaman. Disusun berikut kumpulan penginapan untuk gaya koper dan ransel di Bangka dan Belitung:

1. Grand Hatika Hotel
Pertama adalah Belitung. Kali ini ada Grand Hatika Hotel yang masuk dalam kategori hotel bergaya koper. Letak tepatnya ada di Jl Kemunging No A16, Tanjungpandan, Belitung. Hotel bintang 4 ini memiliki 7 jenis kamar. Sedangkan kamar itu sendiri bisa dipesan dengan atau tanpa sarapan. Dengan fasilitas lengkap, sudah pasti tamu bisa menginap dengan nyaman di sana. Ada 3 jenis tipe kamar yang bisa dipesan tanpa sarapan yaitu Grand Superior, Deluxe dan Executive. Harga Grand Superior tanpa sarapan saat kamar penuh adalah Rp 790 ribu, sedangkan saat tidak terlalu penuh adalah Rp 466 ribu. Untuk Deluxe tanpa sarapan saat penuh adalah Rp 892 ribu dan saat tak terlalu penuh adlah Rp 520 ribu. Terakhir ada Executive yang harga saat penuh Rp 1,1 juta dan saat tak terlalu penuh Rp 603 ribu. Jika dengan sarapan, harga Grand Superior Room sebenarnya tak terlalu berbeda jauh yaitu Rp 500 ribu. Sedangkan Deluxenya pun hanya jadi Rp 560 ribu dan Executive jadi Rp 665 ribu.

2. BW Suite Belitung
Masih di Belitung dan masih penginapan bergaya koper. Kali ini adalah BW Suite Belitung. Berada di Jl Pattimura, Tanjungpandan, Belitung, hotel ini terletak dekat pantai. Ditambah, hotel ini juga punya infinity pool yang cantik. Dengan fasilitas lengkap, hotel ini tersedia dalam beberapa jenis kamar. Untuk kamar tipe Superior dihargai Rp 598 ribu dengan sarapan. Sedangkan kamar jenis Deluxe dihargai Rp 748 ribu di hari Senin sampai Minggu kecuali hari Sabtu. Di hari Sabtu, harganya jadi Rp 857 ribu. Kamar Premium dengan sarapan dihargai Rp 828 ribu. Sedangkan kamar Executive dihargai Rp 1,6 juta, sudah termasuk sarapan.

3. Harlika Jaya Hotel
Di Jl Melati A 43, Tanjungpandan, Belitung ada Harlika Jaya Hotel yang masuk kategori penginapan bergaya ransel. Di sini, wisatawan bisa menginap di beberapa jenis kamarnya. Untuk kamar executive, harganya Rp 302.500 per malam, sudah nett. Sedangkan Superior adalah Rp 247.500 nett per malam. Untuk yang kelas Bisnis adalah Rp 220.000 per malam. Untuk single AC juga ada harganya Rp 192.500 nett. Semua kamar jenis di atas sudah termasuk sarapan. “Kelas Standard ada yang fan dan AC. Fan single harganya Rp 110 ribu dan double Rp 165 ribu, tapi tak ada sarapan,” tutur Muhaya dari Harlika Jaya Hotel =.

4. Hotel Pondok Impian 2
Satu lagi penginapan bergaya ransel di Belitung adalah Hotel Pondok Impian 2. Terletak di Jl Pattimura No 8, Tanjung Pandan, hotel ini menawarkan suasana bergaya rumahan. Berusaha menghubungi hotel tersebut untuk menanyakan harga namun tidak diangkat. Traveler masih bisa memesan hotel ini dengan melihatnya dari beberapa situs pencarian hotel. Di Booking dot com, harga kamar Businessnya Rp 375 ribu nett dan sudah termasuk sarapan. Sedangkan di Agoda harganya Rp 225 ribu tapi belum termasuk biaya PPN dan servis.

5. Novotel Bangka
Melangkah ke Bangka, hotel kategori koper yang pertama adalah Novotel. Hotel bintang 4 yang terletak di Jl Soekarno Hatta, Pangkalpinang ini memiliki fasilitas yang lengkap. Karena jenis hotel bisnis, harga kamar yang ada di sini lebih murah saat weekend dibanding saat weekdays. Jadi, hotel ini bisa jadi rekomendasi menginap saat di Bangka. “Harga kamar Standard saat weekdays adalah Rp 850 nett dan weekend Rp 650 ribu,” tutur Jessica dari Novotel Bangka . Menurutnya, jika memesan via telepon langsung ke reservasi, bisa mendapat harga yang lebih murah. Bisa dicoba.

6. Hotel Tanjung Pesona
Hotel kedua di Bangka adalah Hotel Tanjung Pesona yang merupakan cottage di tepi Pantai Tanjung Pesona. Traveler yang senang dengan pantai bisa mencoba menginap di sini. Meski tergolong kelas koper, namun harganya tidak terlalu mencekik dompet. Untuk satu cottage, harganya berkisar dari Rp 500-600 ribu. “Untuk weekdays harganya Rp 550 ribu dan weekend Rp 660 ribu, sudah nett,” tutur Iwan dari Hotel Tanjung Pesona

7. Hotel Centrum
Masih di Bangka, ada Hotel Centrum yang masuk kategori ransel. Terletak di Jl Hanidah No 8, akses dari dan ke hotel ini termasuk mudah dijangkau. Ada beberapa tipe kamar antara lain Deluxe, Super Deluxe, Junior Suite, dan Suite. Harga tersebut sudah termasuk sarapan. “Untuk Suitenya dihargai Rp 900 ribu per malam dan Junior Suitenya dihargai Rp 650 ribu per malam. Super Deluxe Rp 550 ribu dan Deluxe Rp 500 ribu,” ujar Lisna.

8. Homestay Solagracia
Terakhir adalah Homestay Solagracia yang terletak di Jl Teluk Bayur No 223, Pasir Putih. Bisa dibilang, ini homestay yang banyak dibincangkan traveler yang melancong ke sana. Homestay ini tidak memiliki situs sendiri sehingga cara memesannya bisa melalui situs pencarian hotel. Beberapa yang bisa dipilih adalah Agoda dan Booking dot com. Di Agoda, harga untuk kamar Standart Cottage adalah Rp 282 ribu per malam dan kamar Deluxe Cottagenya adalah Rp 430 ribu per malam. Harga tersebut sudah termasuk sarapan tapi belum termasuk pajak PPN dan biaya servis. Sedangkan di Booking dot com, harga menginap di Kamar Standard adalah Rp 400 ribu. Di Kamar Deluxe adalah Rp 500 ribu. Harga tersebut sudah termasuk sarapan dan harga pajak serta servis.

Bangka Belitung menyimpan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Kepulauan itu pun bisa menjadi alternatif tempat liburan yang menyenangkan. Paling tidak, ada 5 alasan kenapa harus mencoba liburan ke Bangka Belitung. Setelah film Laskar Pelangi marak diperbincangkan, nama Pulau Belitung serta Bangka juga ikut terangkat. Rupanya, memang banyak sekali tempat wisata yang menarik di kedua pulau tersebut. Keindahannya juga tak kalah dibandingkan dengan Bali ataupun Lombok. Berbincang dengan Darwance, seorang traveler asli Bangka yang sudah menjelajahi Pulau Bangka dan Belitung. Dalam perbincangan yang ditulis Kamis (29/7/2015), tersebutlah 5 alasan kenapa traveler harus mencoba liburan ke Bangka Belitung:

1. Pantainya punya ciri khas
Indonesia memang punya banyak sekali pantai yang indah. Tapi pantai di Bangka Belitung punya keistimewaan yang belum tentu ditemukan di tempat lain di Indonesia. Bangka Belitung punya pantai yang berhias batu granit alami. “Pulau Bangka dan Belitung itu memiliki pantai yang berbeda dengan pantai di daerah lain. Hampir di semua pantai ada batu granitnya. Batu granit berukuran raksasa,” ujar Darwance. Menurut Drawance, batu-batu granit yang ada justru menambah keeksotisan pantai di sana. Sebut saja Pantai Tanjung Tinggi di Belitung yang digunakan untuk syuting film ‘Laskar Pelangi, tempat itu terlihat begitu indah dengan batu granit kehitaman di berbagai sisinya.

2. Banyak destinasi wisata religi
Tak hanya pantai, destinasi wisata religi juga cukup banyak di Bangka Belitung. Lokasinya juga tidak jauh dari pantai-pantai cantik yang ada di sana. Misalnya Puri Tri Agung, sebuah kuil yang letaknya dekat dengan Pantai Tikus di Bangka. “Selain pantai ada juga destinasi lain kayak rumah ibadah orang Tionghoa yang dibangun di atas bukit di pinggir pantai. Yang paling terkenal Puri Tri Agung di dekat Pantai Tikus,” tutur Darwance. Pria Bangka itu mengatakan bahwa setiap akhir pekan, banyak traveler dari luar kota yang datang ke kuil. Selain kuil tersebut, tempat wisata religi lainnya antara lain Masjid Al Ikhlas dan Kelenteng Sijuk di Belitung, serta Masjid Jami dan Kelenteng Kung Fuk Min di Bangka yang letaknya bersebelahan.

3. Kulinernya lezat
Wisata kuliner tentu saja menjadi kegiatan yang tak luput dilakukan selama liburan ke Bangka Belitung. Banyak pilihan kuliner lezat di kedua pulau ini. “Kuliner kayak martabak Bangka, lempah kuning di Bangka. Itu dari ikan, ayam, daging sapi, kuahnya kuning. Kalau lempah darat pasti dari sayur. Kalau di Belitung ada juga, namanya gangan,” jelas Darwance. Lempah kuning dan lempah darat khas Bangka adalah makanan semacam sup yang berkuah kuning, yang terdiri dari daging atau sayuran. Di Belitung ada juga sup kuning bernama gangan. Isi dan rasanya hampir sama dengan lempah kuning, hanya namanya saja yang berbeda.

4. Ada tempat wisata sejarah
Tempat wisata di Bangka Belitung tergolong lengkap. Tak hanya wisata alam dan religi, tempat wisata sejarah pun ada. Misalnya Pesanggarahan Menumbing yang sempat dijadikan tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di Bangka. “Ada Pesanggrahan Menumbing, tempat pengasingan Bung Karno. Museum-museum juga, tinggal dikembangkan saja,” kata Darwance. Kalau ingin mengetahui tentang sejarah pertambangan timah di Bangka Belitung, ada pula Museum Timah Indonesia yang bisa ditemukan di gedung bekas rumah dinas Hoofdt Administrateur Banka Tin Winning (BTW). Segala hal yang berhubungan dengan pertambangan timah sejak zaman penjajahan bisa dilihat di museum. Untuk penggemar karya sastra dan film Laskar Pelangi, jangan lupa mampir ke Museum Kata di Belitung Timur. Museum milik novelis Andrea Hirata ini menampilkan berbagai benda yang berbau sastra serta berbagai koleksi dari yang berkaitan dengan film Laskar Pelangi.

5. Jalanan mulus
Selama liburan di Bangka Belitung tidak perlu khawatir bertemu banyak jalanan yang berlubang. Baik di Pulau Bangka maupun Belitung, jalanannya rata-rata sudah beraspal mulus. “Kalau di Bangka selalu mulus. kalau di Belitung tahun 2007-2008 masih sempit banget. Setelah pelan-pelan dilirik wisatawan, jalan diperlebar. Sekarang sudah lebih lebar dan mulus,” tutur Darwance.

Sebelum tahun 2000, tidak ada yang menyadari pesona wisata di Provinsi Bangka Belitung. Namun kini provinsi yang terdiri dari 2 pulau utama itu bagaikan bidadari yang memikat hati dan menjadi saingan Bali dan Lombok. Terus terang, novel karya Andrea Hirata dan diikuti filmnya, membuka mata wisatawan mengenai pesona wisata di sana khususnya Belitung. Dari situ, pesona wisata Bangka juga ikut terangkat dan masuk ke dalam radar wisatawan.

Inilah bukti bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan tidak akan ada habisnya untuk dicintai. Travel Highlight Bangka Belitung akan mengupas aneka potensi wisata di dua pulau istimewa itu. Bangka dan Belitung punya banyak alasan untuk dikunjungi mulai dari pantai keren, kuliner, wisata sejarah dan religi, infrastruktur memadai dan pilihan akomodasi yang beragam untuk berbagai kelas wisatawan. Wisata bahari tentu menjadi andalan karena ini adalah destinasi pulau.

Jika digabungkan, Bangka dan Belitung punya banyak pilihan pantai. Bangka identik dengan pantai landai yang nyaman sedangkan Belitung punya ciri khas pantai dengan batu granit besar. Masih dari wisata alam, ada Danau Kaolin di Belitung yang mirip Kawah Putih Ciwidey. Untuk wisata sejarah, ada pengasingan Presiden Soekarno di Bangka. Sedangkan untuk wisata religi, ada sejumlah masjid dan kelenteng yang menampakan wajah harmonis dan damai antar etnis dan umat beragama di sana. Napak tilas film Laskar Pelangi juga sering dilakukan wisatawan dan Anda bisa juga mencobanya di Belitung.

Yang tidak boleh dilewatkan adalah kesempatan wisata kuliner di Bangka dan Belitung. Belitung punya kuliner Mie Atep yang melegenda serta berbagai gerai kopi. Sedangkan Bangka punya jamur termahal se-Indonesia. Wow! Ayo liburan ke Bangka dan Belitung! Dua pulau ini bukanlah Bali dan Lombok, pun tidak ingin meniru Bali dan Lombok. Tapi, Bangka dan Belitung punya identitas sendiri dan bangga sebagai destinasi wisata yang khas, kuat dan istimewa. Bangka dan Belitung adalah wajah indah pulau Indonesia yang dunia perlu tahu!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s