Mal Medan Plaza Habis Terbakar


Peristiwa kebakaran yang menghaguskan gedung mall Medan Plaza Center di Jalan Iskandar Muda, Kecamatan Medan Petisah, menjadi tontonan bagi warga sekitar maupun pengendara yang kebetulan melintasi lokasi kejadian.”Kami kemari ingin melihat kebakaran Medan Plaza Center,” ucap Adi (35), warga Jalan Denai, saat ditemui wartawan di lokasi, Sabtu (22/8) dini hari.Adi menyebutkan, dirinya mengetahui adanya insiden kebakaran ketika dihubungi oleh rekannya yang tinggal tidak jauh dari tempat kejadian.

“Aku taunya dari temanku, dia mengabariku melalui BBM yang menerangkan bahwa Medan Plaza hangus terbakar dan ketika tiba di lokasi ternyata api sudah begitu besar,” sebutnya. Sementara itu, informasi yang diperoleh dari lokasi menerangkan, asal api pertama sekali muncul dari lantai II gedung yang diduga akibat adanya korsleting listrik. Dikarenakan besarnya kobaran api membuat seluruh gedung hangus terbakar.

“Tiba-tiba saja tadi bang, aku lihat gedung mengeluarkan asap disambut dengan kobaran api,” ucap salah seorang sekuriti yang enggan menyebutkan identitasnya. Hingga berita ini terbit, pantauan wartawan di lokasi puluhan petugas pemadam kebakaran yang dibantu dengan 24 unit pemadam terlihat masih melakukan upaya pemadaman kobaran api dari lantai I hingga lantai IV. Selain itu, para personil kepolisian juga turut melakukan pengamanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingingkan.

Petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran, kesulitan memadamkan api yang membakar Gedung Plaza Medan, di Jalan Iskandar Muda, Kecamatan Medan Petisah, Sabtu (22/8/2015) dinihari. Api sulit dikendalikan karena petugas belum bisa menggapai sumber api yang diperkirakan berada di tengah bangunan mal tertua di Medan tersebut. Sementara api terus membesar akibat jaringan hydrant di bangunan tersebut sudah tak berfungsi.

“Ini masih kita upayakan. Sulit kita masuk ke dalam karena asapnya pekat sekali.” ujar salah seorang petugas pemadam, Rahmat. ‎Petugas pemadam sendiri kini telah berusaha masuk dan mendekati sumber api dengan cara merusak sisi bangunan gedung. “Begitu dibongkar tadi langsung terlihat apinya. Tapi belum bisa kita padamkan, karena sudah terlanjur membesar,” tambahnya.

Kebakaran besar terjadi di Mal Medan Plaza, Medan, Sumatera Utara. Seluruh lantai di mal tertua di Medan ini ludes terbakar. “Seluruh bangunan terbakar. Kita dapat laporan sejak dinihari,” kata petugas piket kantor pemadam kebakaran Medan, Ali saat dihubungi, Sabtu (22/8).Saat ini, kata Ali, petugas masih berjibaku memadamkan api. Untuk di beberapa titik, lanjutnya, percikan api masih kerap muncul.

“Seluruh damkar dikerahkan ke lokasi, total sekitar 40 mobil pemadam,” tuturnya. Ali mengaku belum mendapat informasi mengenai penyebab kebakaran ini. “Untuk penyebab dan adanya korban kita belum mendapat kabar dari yang di lapangan,” tuturnya. Lalu lintas di Jalan Iskandar Muda kini ditutup karena kebakaran makin besar dan banyaknya mobil pemadam yang parkir. Warga juga berkerumun di lokasi kejadian.

Kebakaran hebat melanda Gedung Mal Medan Plaza di Jalan Iskandar Muda, Medan, Sumut. Api membakar seluruh lantai gedung. Berikut penampakannya. Pukul 09.15 WIB, Sabtu (22/8/2015), asap hitam membubung di lokasi. Api terlihat di lantai 1 hingga 4. Sejumlah warga mengawasi dari jauh. Tim pemadam menerjukan 20 unit mobil. Namun hingga saat ini, api sulit dijinakkan. “Semua lantai terbakar,” kata petugas Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Medan Ali. Menurut Ali, laporan kebakaran diterima pada pukul 07.00 WIB. Untuk memudahkan proses pemadaman, lalu lintas di Jl Iskandar Muda ditutup. Belum diketahui ada tidaknya korban dan kerugian dalam kejadian ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s