Pengeroyokan dan Sweeping Suporter Klub Sepakbola Mulai Terjadi Di Senayan dan Jalan Tol


Selain melakukan aksi anarkis di kawasan Senayan, kumpulan pemuda yang diduga berasal dari suporter klub bola juga merusak mobil-mobil di kawasan tersebut. Mobil-mobil yang berada di Jalan Asia Afrika dirusak massa. Informasi dari Twitter TMC Polda Metro Jaya, Sabtu (17/10/2015), kejadian itu berlangsung sekitar pukul 04.45 WIB, di Jalan Asia Afrika di depan Patung Panah Senayan. “2 kendaraan alami kerusakan akibat aksi anarkis supporter sepak bola di Jl Asia Afrika Jakpus,” tulis TMC Polda Metro.

Pemilik mobil tidak mengalami luka-luka akibat kejadian tersebut. Ada pun 2 mobil yang dirusak ialah Toyota Avanza dan sebuah mobil jeep. Polisi juga belum bisa memastikan apakah rangkaian tindak anarkis dini hari tadi di Jakarta saling berkaitan atau tidak. Sebelumnya aksi anarkis juga terjadi di Tol Pancoran dan Tol Kebon Jeruk. Aksi sweeping ini menghancurkan beberapa kendaraan.

Aksi anarkis juga terjadi di Jl Wijaya, Kebayoran Baru. Sebuah mobil Honda Jazz asal Bandung dipecahkan kacanya. Tiga ABG umur belasan tahun diamankan oleh personel Polda Metro Jaya. Mereka diduga ikut serta melempari bus bernomor polisi kawasan Bandung yang memuat pekerja dekorasi acara pernikahan di hotel. Tiga bocah ini diamankan di salah satu ruangan di Polda Metro Jaya, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (17/10/2015) dini hari.

Tiga bocah ini menunduk saja saat wartawan menyorotinya dengan kamera video dan kamera ponsel. Didampingi petugas kepolisian, bocah ini membantah melakukan aksi pelemparan batu ke bus. “Saya nggak nimpukin (melempari dengan batu),” kata salah seorang di antara mereka. Tiga bocah ini berusia 14, 13, dan 12 tahun. Mereka mengaku hanya bermain di Senayan saat kejadian. “Bensin motor kita habis, terus kita distop sama polisi,” kata salah seorang di antara mereka.

Peristiwa amuk massa serempak dini hari ini dihubungkan dengan aksi suporter sepakbola Persija Jakarta yang menyasar kendaraan asal Bandung, daerah asal klub sepak bola Persib. Bocah ini berasal dari Tambora Jakarta Barat. Mereka mengaku bukan penggemar kelompok sepak bola Persija. “Kagak (tidak) ngefans sama Persija,” kata bocah berambut plontos itu dengan lantang.

Sebelumnya tiga orang ABG ini ditangkap terkait pengeroyokan ketiga pemuda asal Jawa Tengah di Senayan. Namun, belakangan polisi menduga tiga ABG ini terlibat peristiwa pelemparan batu ke bus pariwisata. Polisi menciduk sejumlah pemuda yang diduga berasal dari klub suporter sepakbola. Mereka ditangkap karena diduga melakukan aksi rusuh di Tol Pancoran.

“Polri amankan sejumlah supporter sepak bola yang berbuat anarkis di Jl MT Haryono,” tulis akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, Sabtu (17/10/2015). Kabar yang beredar, para pemuda itu diamankan di unit lalu-lintas Polda Metro Jaya, di Pancoran. Para pemuda itu ditahan di halaman parkir gedung. Selain para pemuda, sejumlah motor yang dipakai massa untuk sweeping juga disita polisi. Belum diketahui berapa jumlah motor dan pemuda yang diciduk polisi.

“Polri amankan sepeda motor yang digunakan para supporter sepak bola yang berbuat anarkis di Jl MT Haryono,” ucap TMC Polda Metro.Polisi mengamankan 3 orang ABG yang diduga melakukan aksi pengeroyokan kepada 3 pemuda asal Jawa Tengah di Senayan. Para pelaku tersebut sudah digiring ke Polda Metro Jaya. Pantauan ketiga ABG yang masih berumur belasan tahun itu di bawa ke Mapolda Metro Jaya, pada pukul 03.30 WIB. Mereka langsung diinterograsi petugas. “Saya tidak tahu apa-apa pak,” jawab salah satu ABG saat ditanya di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (17/10/2015).

Mereka juga beralibi bahwa dirinya hanya lewat Senayan dan tidak ikut-ikutan melakukan aksi anarkis. “Saya cuma main-main saja terus bensin habis, tiba-tiba di stop polisi,” ucap ABG tersebut. Seorang petugas polisi yang ada di lokasi mengatakan ketiga ABG itu diduga melakukan aksi anarkis. “Diduga mereka terlibat,” ucap petugas polisi tersebut. Sebelumnya diberitakan, tiga orang yang mengaku pendukung kelompok sepakbola Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (Persib) dari kumpulan Viking dikabarkan dikeroyok sekelompok orang di Jakarta. Namun Viking ini bukan dari Jawa Barat, melainkan dari daerah Jawa Tengah. Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 01.00 WIB di Pintu 1 Senayan. Selain Tol Pancoran, aksi sweeping pemuda yang diduga berasal dari suporter klub bola juga terjadi di Tol Kebun Jeruk. Massa melakukan aksi sweeping meski belum diketahui apa tujuannya.

Dilaporkan TMC Polda Metro Jaya, Sabtu (17/10/2015), selain melakukan aksi sweeping. Massa juga melakukan aksi anarkis di Tol Kebun Jeruk. “Ada penanganan supporter sepakbola yang berbuat anarkis di KM 2 Tol Kebon Jeruk,” ujar NTMC Mabes Polri dalam akun twitternya. Polisi mengimbau agar para pengendara hati-hati saat melintas di lokasi tersebut. Belum diketahui apakah peristiwa ini berkaitan dengan aksi sweeping di Tol Pancoran atau tidak.

“Pengendara agar hati-hati bila sedang melintas dan masih penanganan Polri,” ucap NTMC. Sebelumnya di Tol Dalam Kota tepatnya di ruas Pancoran mencekam jelang Sabtu pagi. Polisi melakukan penutupan arus Tol Pancoran karena ada sekelompok pemuda yang melakukan aksi sweeping di jalan Tol. Beberapa mobil dikabarkan dirusak oleh para pemuda tersebut. Mereka membabi buta menimpuki mobil-mobil yang melintas di Jalan Tol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s