Bom Meledak Di Kantin Mall Alam Sutera


Sebuah ledakan terjadi di lingkungan Mall Alam Sutera, Tengerang, pada pukul 12.05 Waktu Indonesia Barat (WIB). Lokasi kejadian berada di toilet pelanggan kantin karyawan lantai LG Mall Alam Sutera. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mohammad Iqbal menyatakan seorang saksi bernama Deni menceritakan kejadian ledakan di dalam toilet tersebut. “Kronologi kejadian menurut keterangan saksi saudara Deni, selaku Supervisor Area Mall Alam Sutera menerangkan bahwa yang bersangkutan mendengar suara ledakan jam 12.05 WIB di dalam toilet customer kantin karyawan lantai LG Mall Alam Sutera saat bersama Bapak Edi selaku Komandan Pengamanan area Mall Alam Sutera,” ujar Iqbal.

Iqbal menambahkan sejauh ini ada satu orang luka akibat ledakan yang terjadi di Mall Alam Sutera, Kota Tangerang, siang tadi. “Korban luka atas nama saudara Fian seorang Karyawan Kantin Borneo yang mengalami luka bakar dan kena serpihan di kaki sebelah kiri,” ujar Iqbal melalui pesan singkat kepada media, Rabu (28/10). Iqbal juga menjelaskan korban tersebut telah dilarikan ke Rumah Sakit Omni untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Saat dikonfirmasi beberapa saat lalu, Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Metro Tangerang Ajun Komisarus Besar Sutarmo memastikan bahwa ledakan berasal dari sebuah bom. Dari hasil olah tempat kejadian perkara oleh pihak kepolisian, ledakan bersumber dari toilet kantin bawah Mall Alam Sutera. Kepala Kepolisian Sektor Cipondoh, Tangerang, Komisaris Paryanto, menyatakan polisi saat ini sedang melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi ledakan bom di Mall Alam Sutera, Tangerang, Banten.

“Kami sibuk olah TKP,” kata Paryanto. Menurutnya, polisi saat ini tengah mengamankan lokasi sekaligus menyisir Mall Alam Sutera dan sekitarnya untuk mencari benda-benda mencurigakan. Ledakan bom terjadi siang ini pukul 12.50 WIB di toilet kantin bagian bawah mal tersebut. Sejauh ini dilaporkan ada satu korban terluka. “Informasi awal dua orang luka,” ujar Paryanto. Sementara Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Metro Tangerang Ajun Komisaris Besar Sutarmo mengatakan korban luka ringan satu orang.

Ini kali kedua bom meledak di Mall Alam Sutera. Sebelumnya pada 9 Juli lalu, bom juga meledak di mal ini, di lokasi yang sama, yakni toilet kantin bawah mal. Jenis ledakan kedua ini pun, menurut Sutarmo, mirip dengan ledakan pertama. Pada ledakan pertama itu, polisi menyita tas hitam yang berisi materi dan partikel bom rakitan. Ledakan bom pertama itu, menurut Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Tito Karnavian, kemungkinan terkait ISIS. Pelaku, kata dia, ialah laki-laki. Namun polisi tidak mempublikasikan hasil rekaman CCTV pada ledakan bom pertama itu ke publik. Sebuah ledakan terjadi di Mall Alam Sutera, Tangerang, pada pukul 12.50, Rabu (28/10). Belum ada keterangan pasti asal ledakan itu.

Namun saat dikonfirmasi, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Metro Tangerang Ajun Komisaris Besar Sutarmo membenarkan soal adanya kejadian tersebut. “Betul. Sekitar pukul 12.50 WIB. Saat ini sedang dalam pemeriksaan,” kata Sutarmo. Menurut keterangan dari kepolisian hingga kini masih dalam penyelidikan awal. Saat ini kepolisian masih terus melakukan olah tempat kejadian perkara. “Ada korban, satu orang luka ringan,” kata Sutarmo.
Sebuah bom meledak di Mall Alam Sutera, Tangerang Rabu (28/10) siang sekitar pukul 12.50 WIB. Dari hasil olah tempat kejadian perkara oleh pihak kepolisian, ledakan bersumber dari toilet kantin bawah mal.

“Sedang dilakukan olah tempat kejadian perkara, (ledakannya) berasal dari toilet,” kata Kepala satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Metro Tangerang Ajun Komisarus Besar Sutarmo. Hingga saat ini Sutarmo mengatakan ada satu korban luka ringan. Sang korban saat ini masih dalam perawatan, sehingga belum teridentifikasi. Sutarmo menduga jenis ledakan itu disinyalir hampir mirip dengan ledakan sebelumnya yang terjadi di tempat yang sama pada 9 Juli 2015 lalu. Saat itu Mal Alam Sutera juga sempat dibom, tepatnya di toilet di lantai dasar. “Tempatnya hampir sama dengan kejadian lalu,” ujarnya.,

Tidak ada korban jiwa dari kejadian terdahulu, tetapi bagian dalam toilet rusak parah. Polisi sempat mengamankan sejumlah tas hitam yang diduga berisi materi dan partikel dari bom yang diduga bom rakitan. “Ada kemiripan dan menyerupai. Korban satu luka ringan di kaki,” ujar Sutarmo. Ledakan yang terjadi di salah satu toilet di area kantin karyawan Mall Alam Sutera pada pukul 12.05 WIB dipastikan tidak mengganggu operasional pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jalan Jalur Sutera Barat Kav.16, Tangerang, Jawa Barat, tersebut.

“Kami sudah serahkan ke pihak berwenang. Kami tidak menutup mal, operasional berjalan seperti biasa,” ujar Mei, Customer Service Mall Alam Sutera saat dihubungi. Dia menjelaskan, ledakan yang terjadi di sudut timur lantai Lower Ground mal itu hanya menyebabkan kerusakan minor pada bagian toilet. Dipastikan juga bahwa lokasi ledakan saat ini berbeda dengan lokasi ledakan bom yang terjadi pada 9 Juli 2015 silam.

“Iya tadi kejadiannya di toilet kantin di lantai LG, sudut timur. Berbeda dengan yang dulu,” kata Mei. Diketahui ledakan pada awal Juni lalu terjadi di Lantai Ground sudut barat mal. Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyisiran di area Mal Alam Sutera. Sedangkan satu korban luka yang terkena serpihan ledakan kini telah dilarikan ke Rumah Sakit Omni Alam Sutera. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Agus Rianto memastikan hal tersebut. “Korban tadi dibawa ke ruang perawatan atau klinik Mall Alam Sutera dulu,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s