Jalur Khusus Motor Terbukti Mampu Turunkan Angka Kecelakaan … Tapi Relakah Mobil


Masalah kecelakaan jalan raya bukan hanya milik Indonesia, tetapi juga negara lain, salah satunya Malaysia. Upaya-upaya nyata dilakukan negeri jiran tersebut untuk bisa menurunkan angka kecelakaan.Salah satu yang dilakukan Malaysia yaitu memisahkan jalur sepeda motor dengan kendaran roda empat. Sistem ini diberlakukan sudah sejak 1980, dan sudah berlangsung hingga saat ini.

Informasi ini didapat dari sebuah materi presentasi diskusi bersama Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) akhir tahun 2014 lalu, milik Bambang Susantono, mantan Wakil Menteri Perhubungan (2010-2014).

Dari hasil evaluasi yang dilakukan di Malaysia diketahui bahwa jalur khusus sepeda motor, dapat menurunkan tingkat kecelakaan sepeda motor sebesar 39 persen dan tingkat fatalitas hingga 83 persen. Dari angka tersebut, bisa dikatakan bahwa cara ini cukup efektif turunkan angka kecelakaan.

Kemudian pada 2012, Inggris ikut mengaplikasikan jalus khusus untuk sepeda motor. Sistem ini kembali terbukti menurunkan tingkat kecelakaan sepeda motor, kemacetan dan mengurangi polusi di Inggris. Diharapkan ke depannya sistem tersebut bisa diadopsi Indonesia. Tapi relakan pengendara mobil yang notabene kebanyakan orang kaya melihat perlakuan khusus bagi pemotor tersebut? Karena selama ini pengendara mobil sudah terbiasa diberikan perlakuan khusus seperti subsidi parkir oleh pemotor (dengan luas area parkir per mobil yang 6 kali luas parkir pemotor tapi biayanya hanya 2 kali), jalan layang khusus mobil, jalan tol dsb.

Sehingga angka kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda motor ataupun kendaraan roda empat bisa berkurang dengan signifikan. Karena selain Malaysia, Inggris sendiri sudah membuktikan efek positif dari sistem jalur khusus tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s