Komunitas Sepeda Minta Diizinkan Lewat Jalan Tol Karena Sudah Terbiasa Lewat Tol Dengan Kecepatan Tinggi


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan hanya road bike atau sepeda balap yang menggunakan jalan Tol Lingkar Dalam Kota Jakarta untuk Minggu pagi. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberikan alasan soal road bike ini. “Kita pahami bahwa para pesepeda, khususnya yang komunitas road bike ini, itu mereka memiliki spesifikasi tersendiri. Mereka sudah terbiasa saat bersepeda itu kecepatannya tinggi kemudian mereka berkelompok, dan tentu jika ini difasilitasi bersamaan dengan warga lainnya itu akan tetap berpengaruh pada aspek keselamatan pengguna pesepeda lainnya,” kata Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (26/8/2020).

Meskipun banyak juga para pemotor yang suka berkelomopk dan melintas dengan kecepatan tinggi tetapi sampai saat ini belum pernah diusulkan untuk boleh melintas dijalan tol dengan alasan tersebut. Malah dianggap sangat berbahaya serta diusulkan untuk semakin dibatasi.

Karena soal kecepatan itu rombongan road bike perlu dipisah dengan pesepeda santai dan diperlakukan  khusus mirip pemobil. “Untuk itu, perlu pemikiran agar disiapkan satu ruang yang kemudian bisa mereka gunakan untuk melakukan kegiatan dengan road bike ini,” katanya. Diketahui, Gubernur Anies Baswedan mengirimkan surat permohonan ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Anies meminta izin kepada Basuki untuk memanfaatkan ruas Jalan Tol Lingkar Dalam Kota sebagai lintasan sepeda pada hari Minggu.

Surat permohonan Anies itu beredar di media sosial. Hal dalam surat yang beredar tersebut berisikan permohonan pemanfaatan Ruas Jalan Tol Lingkar Dalam (Cawang-Tanjung Priok). “Mohon kiranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat memberikan izin pemanfaatan 1 ruas jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi barat sebagai lintasan road bike guna mengakomodir pengguna sepeda pada setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00,” demikian bunyi salah satu isi surat tersebut.

Gubernur DKI Anies Baswedan memohon Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono memanfaatkan ruas Jalan Tol Lingkar Dalam Kota sebagai lintasan sepeda. Permohonan Anies dalam sebuah surat itu lantas beredar di media sosial.

“Mohon kiranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dapat memberikan izin pemanfaatan 1 ruas jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi barat sebagai lintasan road bike guna mengakomodir pengguna sepeda pada setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00,” demikian bunyi salah satu isi surat tersebut. Sementara pesepeda di Jakarta hendak diberi akses untuk masuk jalan tol, beberapa negara justru menyediakan ‘jalan tol’ khusus pesepeda. Jalur-jalur khusus bebas hambatan yang terpisah dari jalur kendaraan bermotor dibangun untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pesepeda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s