PNS Dilarang Bisnis Oleh PP No. 6 1974


Banyak imbas negatif jika Pegawai Negeri Sipil (PNS) berbisnis, oleh karena itu sejak 38 tahun lalu sudah ada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 1974 tentang Pembatasan Kegiatan Pegawai Negeri dalam Usaha Swasta yang menyebut pegawai negeri dibawah golongan VI/a bila berbisnis harus ada izin Menteri Keuangan sedangkan golongan VI/a keatas tidak boleh berbisnis sama sekali.

Menurut Wakil Rektor III Universitas Indonesia (UI) Sunarji, ia salah satu orang yang mengalami kondisi tersebut. Menurutnya menjadi PNS sekaligus berbisnis rawan konflik kepentingan.

“Dulu saya hobi bisnis kontraktor tapi waktu saya jadi wakil rektor UI, akhirnya saya lepas karena nanti akan terjadi konflik kepentingan makanya saya lepas. Nanti orang yang seharusnya mengawasi saya, takut karena dia anak buah saya,” katanya kepada detikFinance, di Perpustakaan Kampus UI Depok, Selasa (28/2/2012).

Selain itu, ia juga mengatakan PNS bakal tak fokus melaksanakan tugasnya jika ia punya kerjaan lain di luar PNS. Yang paling terpenting dan menjadi masalah adalah akan menjadi rancu memisahkan uang hasil bisnis dengan gajinya PNS tersebut. Atau malah bisa jadi tempat mencuci uang hasil korupsi.

“Kan nggak fokus jadinya, memang dia punya hak berbisnis tetapi ditempat kerja dia kadang mikir bisnis padahal dia punya pekerjaan jadi harus milih salah satu nanti seperti orang pajak yang kena kasus (Dhana Widyatmika), jadi ini rancu ini duit dari bisnisnya atau dari kerjaannya,” kata Sunarji.

Dalam PP itu diatur untuk golongan III/d ke bawah diperbolehkan melakukan bisnis lain tetapi harus seizin Menteri atau pejabat yang berwenang. Sementara untuk golongan IV/a tidak diizinkan sama sekali untuk membuka usaha lain. Bagi PNS Golongan III/d ke bawah harus seizin Menteri, kalau golongan IV/a ke atas tidak boleh.

8 responses to “PNS Dilarang Bisnis Oleh PP No. 6 1974

  1. Pingback: Daftar Pegawai Pajak Yang Berhasil Menjadi Milyader | Berita Informasi Seputar Indonesia Terkini

  2. Setuju…..paling tidak membuat manusia menjadi tidak serakah…jadi pns adalah pilihan dan konsekuensinya adalah tdk boleh bisnis. harus mengabdi…

  3. Pingback: Rumah Mewah Polisi AKP Andreas Tulam Ditembak Orang | Berita Informasi Seputar Indonesia Terkini

  4. Sepanjang ATURAN APAPUN HANYA berperan SEBAGAI DEKORASI, ujung2nya HANYA BERLAKU SEBAGAI PAJANGAN YG SETIAP SAAT BISA DIGANTI DAN MENJADI KEBIASAAN DILANGGAR.

  5. Iya harus dibatasi kan mereka udah digaji untuk mengabdi.

  6. Banyak PNS yang menjual HP bekas-nya atau motor bekas korupsinya atau mobil bekas korupsinya untuk tambahan buat beli yang baru. Ini namanya juga bisnis. Jual beli juga.

  7. UUx sdh harus di revisi supaya negara tidak dibohongi. Tidak sedikit pejabat dan PNS di daerah saya punya usaha tapi atas orang lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s