Kebakaran Yang Hanguskan Restoran dan 105 Motor Diduga Akibat Warga Bakar Sampah


Kebakaran rumah makan di Jalan KH Syafe’i Hazami, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, merembet hingga hanguskan ratusan motor. Warga menduga kebakaran terjadi akibat ada yang bakar sampah di sekitar lokasi. Seorang warga, Latif, menceritakan awal mula kebakaran yang melanda warung makan di dekat salah satu mal. Kebakaran tersebut terjadi pada Jumat (11/8/2023) sekitar pukul 18.15.

Latif mengatakan kebakaran terjadi diduga berawal dari seseorang yang membakar sampah di area belakang warung makan. Namun, Latif tidak mengetahui pasti siapa orang tersebut. “Pokoknya ada orang yang lagi nabun di belakang, bakar sampah. Tapi nggak tahu siapa orangnya,” ujar dia kepada wartawan di lokasi kebakaran.

Orang yang membakar sampah tersebut, menurut Latif, tiba-tiba pergi meninggalkan area belakang warung. Tak lama kemudian, percikan api muncul dan langsung merembet ke area triplek di sekitar warung. Api tersebut secara cepat membesar dan melahap seluruh area warung makan. Kobaran api juga melahap ratusan motor di dekat lokasi.

“Orangnya bakar sampah, tapi disinyalir ditinggal pergi ke mana tahu. Lalu merambat ke triplek dan apinya langsung berkobar besar,” pungkasnya. Polisi sebelumnya mengamankan seorang juru parkir dan tukang soto terkait kebakaran tersebut. Keduanya diamankan untuk dimintai keterangan peristiwa kebakaran.

Kanit Reskrim Polsek Kebayoran Lama Iptu Iwan mengatakan pihaknya telah mengamankan seorang juru parkir yang menjaga motor di dalam warung makan tersebut. Setidaknya, ada 105 motor yang ia jaga dan hangus terbakar. “Seorang juru parkir dibawa ke polsek,” ujar Iwan kepada wartawan di lokasi kebakaran, Jumat (11/8).

Selain itu, polisi membawa seorang pegawai warung makan ke kantornya. Keduanya dibawa untuk dimintai keterangan perihal peristiwa kebakaran tersebut. “Kami juga membawa seorang tukang soto. Kami membawa mereka untuk dimintai keterangan,” pungkasnya. Perwira piket Suku Dinas Gulkarmat Jaksel, Suhudi, mengatakan ada sekitar 105 motor yang hangus terbakar. Motor tersebut terparkir tepat di belakang rumah makan.

“Data sementara berjumlah 105 motor. Tapi ini belum data pasti,” ungkap Suhudi kepada wartawan.

Kebakaran rumah makan dan tempat parkir terjadi di Jalan KH Syafe’i Hazami, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Petugas pemadam kebakaran menyebutkan ada 105 motor terbakar dalam insiden ini. Pantauan detikcom di lokasi kebakaran, Jumat (11/8/2023), pukul 20.10, terlihat kerangka motor hangus terbakar. Kerangka yang hangus ini tampak berjejer rapi. Lokasi kebakaran ini berada di rumah makan di depan Gandaria City. Sementara tempat parkir berada di belakang rumah makan.

Di lokasi juga terlihat sejumlah warga yang berdiri di depan garis polisi. Mereka meratapi motornya yang ikut hangus terbakar. Perwira piket Suku Dinas Gulkarmat Jaksel, Suhudi, mengatakan sekitar 105 motor yang hangus terbakar. Motor tersebut parkir tepat di belakang rumah makan.

“Data sementara berjumlah 105 motor. Tapi ini belum data pasti,” ungkap Suhudi kepada wartawan di lokasi, Jumat (11/8). Meski begitu, Suhudi belum mengetahui persis penyebab kebakaran terjadi. Ia mengatakan kebakaran sudah terjadi sejak pukul 18.15 WIB. Api bisa dipadamkan pukul 19.45 WIB. “Setelah berjibaku selama beberapa jam, api kami pastikan padam pukul 19.45 WIB,” pungkasnya.

Leave a comment